Sejak pandemi Covid-19 melanda Tanah Air, para pelajar diwajibkan belajar dari rumah dan karyawan bekerja dari rumah. Berdiam di rumah menjadi solusi yang diberikan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut. Hanya saja ketika semua kegiatan tersebut dialihkan di rumah, ternyata memicu tagihan listrik yang membengkak.

6 Cara Menyiasati Tagihan Listrik yang Membengkak Selama Pandemi

Tips Atasi Tagihan Listrik Membengkak Selama Pandemi

Sejak pandemi, masyarakat banyak yang mengeluhkan kenaikan tagihan listrik yang mencapai tiga kali lipat. Keluhan tersebut kemudian direspon PLN, bahwa tidak ada kenaikan tarif listrik dan disinyalir penyebabnya adalah peningkatan konsumsi listrik selama social distancing dan PSBB.

Maka solusi yang dihimbau oleh PLN adalah dengan menghemat pemakaian listrik selama di rumah aja. Berikut beberapa tips untuk menjadikan tagihan tidak terlalu membengkak:

1. Matikan Lampu yang Tidak Dipakai

Selama pandemi bisa jadi penghasilan bulanan menurun, jika dihadapkan pada pembengkakan tagihan listrik tentu memperparah kondisi finansial. Maka usahakan berhemat secara optimal, salah satunya dengan menghemat pemakaian lampu. Matikan lampu saat tidak dipakai, dan hanya dinyalakan ketika memang dibutuhkan.

2. Keringkan Cucian Secara Alami

Terbiasa mencuci dengan mesin cuci? Dijamin selama ini mengeringkan cucian memakai mesin tersebut, ternyata mesin cuci akan mengkonsumsi daya listrik lebih besar. Maka selama pandemi sebaiknya mengeringkan cucian secara alami yakni langsung dijemur usai dibilas supaya konsumsi listrik lebih irit.

3. Matikan AC Saat Tidak Digunakan

Jika selama ini terbiasa memakai AC, maka untuk menghemat biaya pemakaian listrik selama pandemi. Sebaiknya lebih bijak dalam memakai elektronik tersebut, yakni dinyalakan ketika memang digunakan. Saat dipakai tidur di malam hari tidak ada salahnya mengatur timer agar mati otomatis di jam tertentu.

4. Cabut Kabel Elektronik

Membiarkan kabel perangkat elektronik tetap menancap di stop kontak ternyata membuatnya tetap mengkonsumsi listrik meskipun tidak dinyalakan. Maka selama pandemi sebaiknya tertib mencabut kabel elektronik, entah itu kipas angin, televisi, maupun yang lainnya.

5. Bijak Memilih Lampu dan Elektronik

Berhubung ada tuntutan untuk menghemat konsumsi listrik agar keuangan tetap sehat selama pandemi. Maka usahakan lebih bijak dalam memilih lampu dan elektronik jenis apapun. Yakni mencari yang hemat listrik, meskipun harganya lebih mahal namun bisa membuat tagihan listrik lebih ramah di dompet.

6. Memanfaatkan Cahaya dan Udara Alami

Supaya pemakaian listrik selama WFH dan belajar dari rumah tetap super hemat, maka di siang hari sebaiknya memanfaatkan cahaya dan udara alami. Tidak menyalakan lampu namun memilih membuka jendela dan tirainya agar sinar matahari masuk. Sekaligus sengaja tidak menyalakan AC namun membiarkan angin semilir yang sejuk masuk melalui jendela yang dibuka lebar.

Menghemat listrik di tengah pandemi menjadi kebutuhan, supaya pengeluaran lebih terkontrol. Maka lakukan tips-tips di atas agar kontrol terhadap tagihan listrik bulanan menjadi lebih mudah.