Melihat perkembangan Covid-19 atau virus corona tentu siapa saja masih belum bisa bernafas dengan lega. Sebab siapa saja memiliki potensi untuk terkena virus mematikan ini, bahkan ketika meminimalisir kegiatan di luar rumah. Maka sebaiknya paham betul bagaimana menghindari paparan virus ini, tidak hanya ketika di luar rumah namun juga ketika di dalam rumah.

6 Cara Menghindari Paparan Virus Corona

Menghindari Paparan Virus Corona Saat di Rumah

Memperbanyak aktivitas di dalam rumah penting untuk dilakukan demi mencegah paparan virus corona. Namun untuk bisa menghindari virus ini secara optimal selama berdiam di rumah, sebaiknya melakukan beberapa tips berikut:

1. Terbiasa Mencuci Tangan

Perlu diakui bahwa mencuci tangan menjadi salah satu aktivitas yang mudah, murah, sekaligus terbukti efektif menangkal serangan virus. Sekalipun lebih banyak berdiam di rumah bukan berarti tidak perlu mencuci tangan. Sebaiknya sering dilakukan, yakni setiap kali akan melakukan aktivitas ataupun setelahnya. Misalnya saat akan makan maupun sesudahnya.

2. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Virus dengan mudah berkembang di lingkungan yang kotor, maka penting untuk memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan. Biasakan hidup bersih misalnya dengan rajin mandi, keramas, gosok gigi, dan lain sebagainya. Selain itu perhatikan dan jaga kebersihan lingkungan sekitar rumah.

3. Menjaga Pola Makan Tetap Sehat

Memenuhi kebutuhan nutrisi dengan makan sehat, bergizi, dan secara teratur akan membantu menangkal serangan virus secara alami. Sebab dengan asupan nutrisi yang seimbang tubuh akan memiliki daya tahan yang baik. Sehingga resiko terjangkit virus maupun penyebab penyakit lainnya bisa ditekan.

4. Cukup Istirahat

Istirahat yang cukup juga menjadi solusi agar tidak mudah terkena virus corona, sebab efektif meningkatkan daya tahan tubuh. Usahakan untuk tidur di kamar yang bersih dan ventilasi udaranya baik. Sehingga bisa tidur dengan nyenyak dan memiliki cukup tenaga untuk kembali beraktivitas keesokan harinya.

5. Olahraga Teratur

Agar tubuh tetap bugar maka selama berdiam di dalam rumah untuk menghadapi pandemi. Pastikan untuk disiplin menjalankan kegiatan olahraga, sekalipun merupakan olahraga ringan seperti jalan kaki atau mungkin olahraga di atas sepeda statis.

6. Menerapkan Protokol Keluar Masuk Rumah

Meskipun perlu mengurangi aktivitas keluar rumah namun tentunya tidak bisa murni di dalam rumah saja. Sesekali perlu keluar untuk membeli berbagai kebutuhan pokok supaya bisa bertahan hidup. Maka selama pandemi penting untuk menyiapkan protokol keluar masuk rumah supaya paparan virus corona bisa dihindari secara maksimal.

Misalnya saja selepas keluar rumah, pastikan untuk melepas baju dan alas kaki kemudian langsung mencuci tangan. Akan lebih baik jika langsung mandi dan ganti dengan baju bersih.

Berdiam di rumah bukan berarti bisa bebas 100% dari paparan virus corona, oleh sebab itu ketahui bagaimana meminimalisirnya. Yakni dengan berbagai tips yang sudah disebutkan dan dijelaskan di atas.