Infeksi virus corona perlu diakui membuat khawatir seluruh manusia di dunia, karena angka kematian yang sangat tinggi. Hingga detik ini sudah ada belasan ribu orang yang dinyatakan meninggal akibat serangan pandemi convid-19. Tidak butuh waktu lama, hanya 3 bulan kurang virus ini menyebar ke seluruh dunia dan menjadi pembunuh skala besar.

6 Cara Efektif untuk Mencegah Penularan Virus Corona

Cara Efektif Cegah Infeksi Corona

Virus corona bisa menular dari satu manusia ke manusia lain dan sangat cepat, hal ini terlihat dari penyebarannya yang masif. Hanya saja infeksi atau penularannya ternyata bisa dicegah. Berikut beberapa cara efektif pencegahan yang perlu dan bisa diterapkan:

1. Mencuci Tangan dengan Benar dan Teratur

Pencegahan pertama yang perlu dilakukan adalah dengan rutin mencuci tangan memakai sabun. Bukan asal mencuci tangan saja namun memakai sistem enam langkah selama 30 detik. Sehingga seluruh permukaan tangan bersih oleh sabun dan air yang dipakai. Pastikan pula dilakukan teratur setiap beberapa jam sekali.

2. Menggunakan Masker

Virus corona masuk ke dalam tubuh melalui wajah, yakni hidung, mata, dan juga mulut. Menggunakan masker menjadi langkah yang tepat untuk mencegah penularannya. Anda bisa menghindari masker bedah jika dalam kondisi sehat dan ganti dengan masker lain, seperti masker kain katun yang terdiri dari tiga lapisan.

3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh alias daya tahan tubuh juga menjadi kunci penting untuk aman dari penularan corona. Daya tahan tubuh yang baik akan menekan infeksi corona sehingga tidak jatuh sakit. Secara alami tubuh memberikan perlindungan, dan caranya dengan menjaga gaya hidup sehat. Seperti makan makanan sehat, tidur cukup, olahraga, dan tidak stress.

4. Melakukan Social Distancing

Meminimalkan kontak fisik dengan orang sekitar adalah langkah tepat untuk mencegah penularan corona. Maka penting untuk melakukan social distancing alias menjaga jarak. Minimalkan aktivitas diluar rumah dan sekalipun dilakukan usahakan mengatur jarak dengan orang lain, yakni sekitar 1 meter.

5. Menghindari Transportasi Umum

Menggunakan layanan transportasi umum di tengah pandemi corona bukanlah keputusan bijak. Sebab virus corona lebih mudah menular di tempat yang banyak dipakai orang. Transportasi umum menjadi salah satunya, dan jika terpaksa maka selalu gunakan hand sanitizer setiap beberapa menit sekali.

6. Tidak Menyentuh Wajah

Berhubung virus corona masuk ke tubuh lewat wajah, maka penting untuk mengurangi aktivitas menyentuh wajah. Kecuali jika sudah dipastikan telapak tangan dalam kondisi bersih, misalnya selepas mencuci tangan memakai sabun atau hand sanitizer. Tidak menyentuh wajah menjadi solusi mudah agar penularan corona dapat dicegah.

Terlindung dari virus corona bukanlah hal sulit selama Anda melakukan tata cara pencegahan dengan benar. Detailnya sudah dijelaskan di atas, dan silahkan diterapkan agar bisa berkontribusi mencegah penyebaran corona.