Masuknya pandemi corona di Tanah Air tak pelak meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan perlindungan diri secara mandiri. Jika awalnya banyak yang memilih memborong masker kesehatan dan hand sanitizer sehingga jumlahnya di pasaran semakin langka dan mahal. Kini semakin banyak yang mencoba membuat masker sendiri di rumah.

5 Tips Aman Membuat Masker Sendiri untuk Cegah Corona

Tips Membuat Masker Sendiri untuk Cegah Infeksi Corona

Menggunakan masker kesehatan seperti masker N95 diketahui mampu menyaring partikel terkecil seperti virus corona. Hanya saja pandemi corona di seluruh dunia membuat masker ini semakin susah untuk didapatkan. Tidak ingin kehabisan akal, banyak yang kemudian mencoba membuat masker sendiri di rumah.

Sebelum membuatnya sendiri, ada sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut agar masker yang dibuat bekerja lebih efektif:

1. Gunakan Bahan Masker yang Tepat

Masker kesehatan terbuat dari bahan khusus seperti kain microfiber meltblown nonwoven, yakni pada masker yang dipakai tenaga medis. Hanya saja mencari bahan ini bisa terbilang sulit. Anda bisa menggantinya dengan bahan lain, misalnya saja kain katun, kain berwarna putih, tisu basah yang dikeringkan, dan sebagainya. Pastikan dibuat minimal 2 sampai 3 lapis untuk perlindungan optimal.

2. Pilih Sumber Tutorial yang Terpercaya

Kebutuhan masker tidak hanya meningkat di Indonesia namun juga di dunia. Stok atau persediaannya pun semakin menipis, sehingga banyak yang mencoba membuatnya sendiri. Tak pelak tutorial pembuatan masker bertebaran di internet, memastikan tutorial tersebut aman maka cek sumbernya. Kredibel atau tidak, jika dari sumber terpercaya maka silahkan di praktekan.

3. Pastikan Selalu Steril

Masker yang dibuat tentu bertujuan untuk mencegah infeksi virus corona, sehingga selama pembuatan perlu memperhatikan kebersihan. Mulai dari meja yang dipakai membuat masker, peralatan, sampai bahan yang digunakan wajib dalam kondisi steril.

4. Pastikan Hanya Dipakai Sekali

Masker buatan sendiri kemungkinan memang tidak seefektif masker N95 buatan pabrik. Namun pilihan ini lebih baik dibanding tidak memakai masker sama sekali sebagai proteksi dini. Supaya perlindungannya optimal dianjurkan untuk memakai masker buatan sendiri hanya sekali. Jadi masker setelah dipakai langsung dibuang dan ganti dengan yang baru.

5. Tetap Minimalkan Aktivitas di Luar Rumah

Meskipun Anda sudah memakai masker buatan sendiri, namun efektifitasnya tentu tidak sebaik masker buatan pabrik seperti masker bedah. Maka penting untuk tetap membatasi aktivitas di luar rumah sebagai langkah paling aman dari infeksi corona. Tetap usahakan keluar jika ada keperluan mendesak seperti membeli makanan atau minuman saja bukan untuk jalan-jalan.

Masker yang dibuat sendiri memang menjadi solusi atas langkanya masker buatan pabrik di pasaran. Bahkan banyak pihak melakukan penipuan dengan modus menjual masker kesehatan berbandrol tinggi. Mencegah resiko menjadi korban penipuan, sebaiknya memilih membuat masker sendiri. Namun perhatikan dulu tips di atas agar tidak melakukan kesalahan saat membuat maskernya.