Memasuki musim penghujan ini, kita harus rutin mengelola sampah rumah tangga sebab sampah yang menumpuk bukan hanya dapat menyebabkan banjir, tapi tidak baik juga untuk kesehatan penghuninya.

Karena itu, disini peran antar anggota yang ada di dalam sebuah keluarga diperlukan. Setiap anggota keluarga harus sadar akan pentingnya mengelola sampah supaya lingkungan tempat tinggal Anda akan selalu bersih dan sehat.

5 Cara Mudah Mengelola Sampah Rumah Tangga

Cara Mengelola Sampah Rumah Tangga dengan Mudah

Jika Anda ingin segera membersihkan sampah rumah tangga agar lingkungan tempat tinggal Anda jadi bersih dan sehat, maka ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti, seperti:

1. Memisahkan sampah

Pertama, Anda harus memisahkan sampah menjadi tiga bagian. Himbauan pemisahan sampah sudah lama disosialisasikan. Tapi sayangnya banyak masyarakat yang tidak melakukannya bahkan terkesan menganggap sepele.

Padahal, sampah yang sudah dipisahkan akan memudahkan proses daur ulang sampah yang dilakukan di tempat pembuangan sampah. Jadi secara tidak langsung, dengan memisahkan sampah rumah tangga, kita sudah membantu pemerintah dalam mengelola sampah-sampah di negara kita.

Setiap rumah tangga sebaiknya menyediakan tiga tempat sampah atau karung besar untuk menampung sampah. Karung pertama adalah untuk sampah bekas atau sisa makanan, karung kedua untuk sampah plastik dan karung ketiga untuk sampah kertas.

Keuntungan memilah sampah ini sangat banyak tentunya. Sampah yang sudah dipilah tidak akan menimbulkan bau busuk. Jadi jika nanti terdapat sampah kertas, sisa makanan dan plastik sebaiknya dipisahkan dulu menjadi sampah bersih baru kemudian diletakkan ke dalam sampah.

2. Mengganti tempat sampah dengan karung sampah

Sebaiknya, jika ingin membuang sampah, maka buanglah ke karung sampah karena karung dapat menampung sampah dengan jumlah yang lebih banyak. Selain itu, karung juga akan mudah jika diangkut dan dimasukkan ke bak sampah.

3. Memasukkan sampah ke bank sampah

Biasanya di tiap RW, para warga tidak perlu kebingungan lagi kemana harus membuang sampah-sampah rumah tangganya. Karena sudah ada bank sampah yang akan menjadi tempat pembuangan sampah yang disediakan di dekat tempat tinggal.

Anda bisa membuang karung sampah ke bank sampah satu atau dua minggu sekali. Selanjutnya nanti bank sampah akan meneruskan sampah tersebut ke petugas guna diolah kembali.

4. Membuang botol dalam keadaan kering

Jika Anda ingin membuang botol, pastikan air yang ada di dalam botol sudah tidak ada lagi. Karena botol yang masih basah akan membuat kotor dan becek. Dan hal ini juga akan membuat bau busuk di rumah Anda akibat sampah yang berisi air tersebut.

5. Membuang sampah di sore hari

Anda bisa buang sampah di sore hari setiap hari karena untuk sampah organik sendiri biasanya akan lebih cepat busuk dan bau. Jika sampah tersebut dibiarkan di dalam rumah sampah malam hari, tentu akan banyak kecoa atau hewan lain yang datang.

Jadi sangat mudah sekali mengelola sampah rumah tangga. Anda bisa lakukan pengelolaan terhadap sampah rumah tangga Anda dengan beberapa cara seperti yang sudah disebutkan di atas.