WFH selam pandemi menuntut siapa saja untuk lebih banyak menatap layar komputer bahkan smartphone. Sebab aktivitas kerja sehari-hari dilakukan secara online melalui perangkat yang bisa menghubungkan diri ke internet. Rupanya terlalu lama menatap layar bisa memberi dampak kurang baik bagi kesehatan, apalagi jika sudah kelelahan namun dipaksa.

5 Cara Mengatasi Mata Kelelahan Setelah Menatap Layar Terlalu Lama

Mengatasi Kelelahan Menatap Layar

Jika mengalami kelelahan karena mata terlalu lama menatap layar, sebaiknya tidak didiamkan saja. Lakukan beberapa cara berikut untuk mengatasinya:

1. Memperhatikan Cahaya di Ruangan

Kelelahan saat menatap layar terlalu lama akan semakin parah atau semakin cepat lelah jika pencahayaan di ruangan kurang mendukung. Maksudnya disini adalah di dalam ruangan yang pencahayaannya kurang, seperti redup atau malah gelap sama sekali.

Jadi, pastikan ruangan yang digunakan untuk WFH memiliki pencahayaan yang bagus. Saat masih terang maka buka jendela agar cahaya alami dari matahari bisa masuk. Jika hari sudah gelap tidak perlu ragu untuk menyalakan semua lampu di ruangan agar mata tidak mudah lelah.

2. Tidak Duduk Terlalu Lama

Bagi pekerja kantoran baik saat sedang WFH maupun WFO dijamin menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk di depan layar komputer. Terbiasa duduk terlalu lama semacam ini selain membuat mata cepat lelah. Nantinya juga memberi efek buruk lain bagi kesehatan, seperti sakit pinggang dan punggung. Sebaiknya sesekali istirahat dan berkeliling ruangan.

3. Tidak Bekerja Berlebihan

Bekerja berlebihan membuat durasi menatap layar komputer maupun handphone pintar menjadi lebih lama. Sehingga memperparah kelelahan pada mata yang dialami, oleh sebab itu biasakan untuk tidak bekerja berlebihan. Saat menjalani WFH maka Anda memiliki lebih banyak waktu untuk bekerja sehingga bisa diatur agar tidak berlebihan.

4. Atur Jadwal Rapat dengan Seksama

Selama WFH dijamin kegiatan rapat atau meeting akan dilakukan secara online, ada kalanya Anda perlu rapat sampai beberapa kali dalam sehari. Sah saja dilakukan namun jangan sampai membuat mata terlalu lelah. Sebaiknya mengatur jadwal rapat agar tidak berdekatan, sehingga mata punya waktu istirahat tidak menatap layar.

5. Melakukan Detoks Digital

Jika akhir pekan tiba tidak ada salahnya untuk melakukan detoks digital, yakni kegiatan untuk menghentikan penggunaan perangkat digital. Baik itu komputer, handphone pintar, tablet, maupun yang lainnya. Detoks ini juga bagus untuk mengatasi mata yang kelelahan karena menatap layar terlalu lama.

Jadi, silahkan melakukannya karena akan membantu menjaga mata tetap segar dan kemampuan penglihatan lebih terjaga. Hal ini tidak harus dilakukan berhari-hari, Anda bisa mulai dengan setengah hari kemudian ditingkatkan sampai seharian penuh. Maka untuk yang aktif bekerja dianjurkan dilakukan pada akhir pekan.

Mata yang terlalu lelah setelah menatap layar terlalu lama akan membuat tubuh mudah lelah dan sakit. Belum lagi efek samping lainnya, sehingga perlu dicegah dan diatasi segera saat dirasakan. Anda bisa mencoba mengatasinya dengan beberapa cara yang disebutkan di atas.