Memiliki penghasilan tetap setiap bulan sebagai karyawan, rupanya tak membuat banyak orang merasa cukup dalam memenuhi kebutuhan kesehariannya. Tak mengherankan bila banyak yang akhirnya mencoba peruntungan dengan menjalankan sejumlah bisnis sampingan guna mendapatkan pemasukan tambahan. Tentunya, dalam menjalankan bisnis sampingan juga tidak asal-asalan supaya hasilnya pun memuaskan.

5 Bisnis Sampingan Paling Menjanjikan

Berikut ini ada 5 bisnis sampingan paling menjanjikan yang bisa Anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

1. Menjadi Blogger

Memiliki hobi menulis sebaiknya tidak disia-siakan. Anda bisa menjadi blogger sebagai usaha sampingan dalam menghasilkan uang tambahan. Bahkan, tak sedikit karyawan perusahaan yang akhirnya memilih berhenti dan fokus menjadi blogger karena penghasilannya yang jauh lebih besar dari blog.

Poin penting yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha ini adalah pastikan menyediakan postingan yang berkualitas. Anda bisa menulis tentang pengalaman Anda sehari-hari baik di dunia kerja ataupun tentang hal lain yang sesuai dengan minat Anda. Pastikan, Anda juga mempelajari bagaimana cara menghasilkan uang melalui blog mulai tahap awal sehingga ini benar-benar bisa jadi ladang penghasilan Anda.

2. Membuat Toko Online

Bila Anda tidak memiliki minat serta kemampuan di bidang kepenulisan, Anda tak perlu khawatir. Peluang bisnis samping lain yang masih terkait dengan dunia online dan terbilang sangat potensial adalah membuat toko online. tak dapat dipungkiri bahwa ini bisa jadi bisnis yang sangat menguntungkan, mengingat gaya belanja masyarakat saat ini mulai beralih ke belanja online.

Pilihan barang yang dijual pun sangat beragam. Bila Anda memiliki modal terbatas dan tak ingin direpotkan dengan urusan pengemasan ataupun pengiriman, Anda bisa memulai usaha sampingan ini dengan sistem dropship. Tentu saja, bila Anda memilih sistem ini dalam berbisnis online, pastikan untuk memilih supplier terpercaya sehingga konsumen pun puas dan percaya dengan layanan yang Anda berikan.

3. Bisnis Pulsa

Ini merupakan salah satu bisnis sampingan yang terbilang sangat banyak diminati hingga sekarang. Meski saat ini lebih banyak pengguna gadget mengandalkan jaringan internet dalam berkomunikasi, nyatanya, bisnis pulsa tetap bisa jadi pilihan untuk meraup pundi-pundi keuntungan. Apalagi produk pulsa saat ini pun lebih beragam, tak hanya pulsa untuk telepon dan SMS saja. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis inipun tak besar. Anda bisa menjual pulsa kepada teman kantor, tetangga, ataupun memasarkannya secara online.

4. Menyediakan Jasa Laundry

Seiring waktu, banyak orang berpikir akan lebih praktis bila mencuci baju pada jasa laundry dibandingkan harus mencucinya sendiri. Ini tentu bisa jadi peluang usaha yang cukup menguntungkan terlebih bila Anda tinggal di daerah yang dekat dengan kampus, perkantoran, ataupun pabrik. Membuka jasa laundry bukanlah hal yang sulit dilakukan. Namun untuk bisa sukses di bisnis ini, pastikan Anda cerdas mencari celah, melihat pasar, dan lokasi.

5. Bisnis Kuliner

Hobi memasak? Anda sebaiknya memanfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan. Anda bisa menggunakan waktu luang sesuai dengan jam kerja Anda. Bila Anda bekerja dengan jadwal masuk siang atau sore, maka pagi hari bisa dimanfaatkan untuk jualan santapan sarapan. Namun, bila Anda memiliki waktu luang di sore hingga malam maka membuka warung kopi bisa jadi pilihan yang cukup menarik. bila minat Anda membuat beragam olahan kue ataupun camilan, ini juga bisa jadi peluang usaha sampingan yang sangat menjanjikan.

Bisnis sampingan sebenarnya masih sangat banyak yang bisa jadi pilihan. Pastikan untuk selalu berpikir kreatif guna menemukan ide yang bisa jadi peluang sukses Anda nantinya.