Butuh tambahan modal? Jika tidak memiliki dana talangan untuk dialokasikan ke kebutuhan ini, maka bisa mencoba mengajukan pinjaman. Setiap perbankan membuka kesempatan bagi pelaku usaha untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk melancarkan sekaligus mengembangkan usaha yang dimiliki.

4 Syarat Mengajukan Pinjaman Modal Usaha ke Bank

Syarat Mengajukan Pinjaman Modal ke Bank

Setiap perbankan menghadirkan produk pinjaman modal dengan tajuk berbeda-beda, misalnya KUR untuk Bank BRI. Selain beda tajuknya, syarat untuk mengajukan pinjaman modal ini juga berbeda-beda. Namun secara umum persyaratan yang diberlakukan antara lain:

1. Dokumen Identitas

Dokumen yang pertama adalah dokumen identitas, yakni KTP dan jika belum ada bisa diganti dengan SIM atau kartu identitas lainnya. Biasanya menyertakan fotokopi kartu identitas di dokumen persyaratan pengajuan pinjaman. Namun usahakan dibawa saat proses wawancara sebab bisa jadi bank akan meminta Anda menunjukan aslinya.

2. Surat Nikah

Bagi pelaku usaha yang sudah menikah maka wajib juga untuk melampirkan surat nikah. Yakni sebagai bukti sudah menikah dan membantu bank untuk mengetahui status pernikahan sekaligus jumlah tanggungan.

3. Fotokopi KK

Dokumen persyaratan berikutnya adalah fotokopi KK atau Kartu Keluarga yang akan melengkapi kartu identitas yang dilampirkan. Maka penting untuk memastikan data di KK sudah sesuai dengan KTP. Sekaligus Anda sudah punya KK, apalagi jika sudah menikah maka perlu memiliki KK terpisah dengan orangtua.

4. Fotokopi Buku Tabungan

Saat mengajukan pinjaman ke sebuah bank maka pastikan sudah membuka rekening tabungan disana. Jika belum sempat maka akan dibantu CS saat proses kelengkapan dan verifikasi data. Fotokopi buku tabungan yang dimiliki dan lampirkan bersama dokumen lainnya.

Tips Pinjaman Modal Disetujui

Mengajukan pinjaman modal menjadi solusi termudah masyarakat zaman sekarang untuk memiliki modal tambahan. Supaya aplikasi yang diajukan disetujui oleh pihak bank maka lakukan beberapa tips berikut:

  • Pastikan persyaratannya sudah lengkap.
  • Miliki usaha yang sudah berjalan paling tidak 2 tahun, meskipun beberapa bank menyetujui pengajuan usaha yang berumur 1 tahun.
  • Pastikan kondisi keuangan bagus, bisa dibuktikan dengan rekening koran maupun laporan keuangan usaha.
  • Miliki usaha yang ramai atau punya omzet bagus untuk bisa meyakinkan pihak bank mencairkan pinjaman.
  • Bekerjasama dengan baik sesuai arahan dari petugas bank, khususnya marketing yang membantu pengajuan pinjaman yang Anda lakukan.
  • Pilih bank yang prosedur pengajuan pinjaman modalnya dikenal mudah dan tidak ribet, lebih bagus lagi jika suku bunganya juga rendah.

Mengajukan pinjaman ke bank merupakan persoalan gampang-gampang susah, menjadi gampang jika kondisi Anda terbilang mudah mendapat kepercayaan bank. Namun akan menjadi sulit jika kondisi Anda sendiri kurang mendukung. Misalnya saja umur usaha baru beberapa bulan, bank akan berpikir dua kali untuk memberi pinjaman pada usaha yang akarnya belum kuat.