Menjalankan sebuah bisnis pulsa tidaklah segampang yang difikirkan. Bila ingin berbisnis pulsa, Anda harus mengetahui apa-apa yang harus dilaksanakan. Kalau tidak, bisnis Anda bisa tidak berkembang atau rugi. Di bawah ini kami akan memberi beberapa tips, agar bisnis Anda berkembang, di antaranya:

1. Hindari Pemberian Hutang Pulsa

Anda harus tegas terkait hutang pulsa ini. Sebaiknya Anda tidak memberikan para pembeli hutang pulsa. Bila banyak yang berhutang dan tidak mengembalikan, maka negatifnya penjual tidak bisa memutar modal. Saat deposit habis, maka tidak bisa melakukan deposit pulsa secara maksimal karena modal belum kembali. Memang dilematis, di sisi lain para pembeli akan mengecap Anda tidak fleksibel dan pelit. Sehingga, bisa juga membuat bisnis pulsa Anda sepi. Adakalanya, dalam keadaan darurat Anda bisa memberikan hutang pulsa kepada orang yang Anda percayai untuk membayarnya. Namun, Anda harus berani menagih bila mereka yang berhutang itu tidak membayarkan atau lupa. Jangan lupa juga untuk mencatat bila dan yang berhutang, agar Anda juga tidak lupa.

2. Untung Jangan Terlalu Besar

Mengambil untung itu wajar bagi para penjual pulsa, namun hindari untung yang terlalu besar daripada konter-konter pulsa lain. Bukannya lebih banyak pembeli, malah Anda bisa ditinggal oleh pembeli karena mereka biasanya mencari yang paling murah.  Sebaiknya Anda juga melakukan survei harga pulsa, sehingga tahu berapa harga yang beredar di pasaran. Bila Anda menjual pulsa lebih murah sedikit daripada penjual lain, maka pelanggan akan semakin setia membeli pulsa di tempat Anda dan akan semakin banyak orang yang menjadi pelanggan Anda. 

3. Kenalkan kepada Orang Banyak

Bila ingin banyak pelanggan, maka orang lain harus tahu bahwa Anda punya bisnis pulsa. Di antaranya Anda bisa membuat plang nama di depan konter pulsa Anda. Kemudian kabarkan kepada teman-teman dan saudara bahwa Anda saat ini sedang menjual pulsa. Bila Anda punya media sosial, maka Anda bisa mempromosikannya di media sosial tersebut atau mengupload foto konter pulsa Anda. Dengan begitu, banyak orang mengenal bahwa Anda adalah penjual pulsa. Efek medsos ini kini menjadi salah satu tren promosi yang cukup efektif dan dapat Anda lakukan secara gratis.

4. Pelayanan yang Berkualitas Baik

Saat ini memang sudah banyak yang menjadi penjual pulsa, mungkin hampir setiap kampung ada yang menjual pulsa, sehingga persaingan bisnis pulsa ini semakin kuat. Terkait itu, Anda harus mempunyai unggulan daripada konter-konter yang lain.  Di antaranya kualitas pelayanan konter pulsa Anda harus yang berkualitas baik. Yakni, dengan melakukan pelayanan yang cepat dan ramah sehingga membuat para pelanggan datang lagi ke konter Anda.

Demikian 4 tips agar bisnis pulsa Anda dapat berkembang maksimal. Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat bagi anda.