Youtube merupakan layanan video streaming yang paling digemari saat ini. Layanan buatan Google ini “menyihir” para netizen dengan berbagai jenis video yang disediakan. Namun, menonton video streaming di Youtube bisa membuat paket data internet cepat habis.

Apalagi saat kuota internet sudah minim, penguna menjadi enggan untuk mengakses Youtube. Jangan khawatir, sebenarnya ada cara untuk tetap bisa menonton video di Youtube tapi tetap bisa hemat kuota internet. Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Manfaatkan Aplikasi YouTube Go

Youtube sudah meluncurkan aplikasi khusus untuk menghemat paket data, yaitu aplikasi YouTube Go. Cara kerja YouTube Go yaitu saat akan mengakses video, akan muncul pilihan berapa besar kuota yang akan dihabiskan untuk menonton satu video. Jadi, bisa disesuaikan dengan sisa kuota internet yang dimiliki pengguna. YouTube Go juga bisa memberikan informasi berapa sisa kuota yang dimiliki pengguna. Jadi, pengguna bisa mengetahui berapa lagi video di YouTube yang bisa ditonton.

2. Gunakan Aplikasi Opera Max

Aplikasi lainnya untuk smartphone yang berfungsi untuk menghemat pemakaian paket data internet di antaranya Opera Max. Aplikasi ini yang bisa mengatur penggunaan kuota internet selama menonton video secara online. Opera Max bisa menghemat data hingga 60 persen saat menonton video di YouTube. Aplikasi ini juga mencatat setiap kapasitas daya yang sudah dihemat. Opera Max menggunakan algoritma dan perangkat lunak untuk mengkompresi data pada berbagai konten, seperti teks, video, foto sehingga memungkinkan tidak boros paket data internet.

3. Gunakan Browser yang Bisa Hemat Paket Data

Salah satu browser yang bisa diandalkan untuk hemat paket data yaitu Opera Mini. Browser ini dibekali fitur Video Boost untuk bisa menonton streaming video, meskipun kuota sedang minim atau layanan internet lambat. Fitur tersebut dapat mengurangi ukuran data video sekaligus mempercepat waktu loading dan mengurangi buffering.

Browser lain yang bisa digunakan yaitu UC Browser. Browser ini memiliki fitur Fast Mode yang berguna untuk mengkompresi kuota data. Selain itu bisa juga menggunakan browser Chrome yang sudah dilengkapi fitur Data Saver untuk agar penggunaan paket data tidak boros.

4. Tetapkan Batas Penggunaan Data

Cara mudah lainnya yaitu dengan menetapkan batasan kapasitas kuota data internet yang ingin digunakan. Di smartphone Android, pengguna dapat melakukannya dengan cara masuk ke menu Settings lalu pilih Penggunaan Data, selanjutnya aktifkan menu “alert me about data usage”. Dengan begitu kamu akan mendapat notifikasi mengenai berapa banyak kuota data internet yang sudah digunakan.
Sedangkan untuk melihat seberapa banyak data seluler yang telah Anda gunakan pada platform iOS, buka Pengaturan, kemudian ketuk Seluler atau Data Seluler. Jika Anda menggunakan iPad, Anda dapat melihat Pengaturan kemudian pilih menu Data Seluler. Pada menu ini Anda dapat menentukan aplikasi mana yang diperlukan untuk pengunaan paket data.

5. Manfaatkan Wi-Fi dan Simpan video

Untuk hemat paket data, bisa juga dengan manfaatkan akses wifi gratisan yang biasanya disediakan di beberapa lokasi, seperti sekolah, kampus atau cafe. Saat terhubung sudah terhubung ke wifi, manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Anda tidak perlu menonton video yang ada di YouTube saat itu juga, tapi lebih baik menyimpannya terlebih dahulu. Video yang sudah disimpan tersebut nantinya bisa ditonton saat waktu senggang secara offline alias tidak perlu terkoneksi ke internet.