Bisnis PulsaSemakin tingginya kebutuhan pulsa bagi masyarakat, hal ini hendaknya bisa menjadi sebuah peluang besar yang menguntungkan. Dalam hal ini, Anda mungkin juga tertarik untuk memulai bisnis pulsa namun Anda tidak tahu harus memulainya dari mana. Anda mungkin saja memahami dan menyadari bahwa pulsa sudah menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan keseharian masyarakat dan berbisnis dalam bidang ini pastinya juga akan membawa keuntungan. Sebenarnya untuk menjalankan bisnis penyedia pulsa untuk semua operator bukan hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Anda bisa memanfaatkan ponsel pribadi Anda untuk menjalankan bisnis tersebut terutama bila Anda masih pemula. Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil. Meskipun besarnya keuntungan dari tiap nominal transaksi penjualan pula terbilang kecil, namun bila dikelola dengan baik, ini bisa menjadi bisnis yang sangat menghasilkan. Dan sebaliknya, bila pengelolaan bisnis ini tidak baik maka bukan tidak mungkin bisnis sederhana ini justru membawa Anda kepada kerugian.

Hal yang Membuat Anda Rugi dalam Bisnis Pulsa

Kesuksesan dan keberhasilan dalam berjualan pulsa sebenarnya sangat bergantung pada bagaimana Anda memperlakukan bisnis pulsa tersebut seperti apa. Apakah Anda hanya menjadikannya sebagai hiburan, daripada nganggur, atau untuk berbagi rezeki dengan lainnya. Bila Anda memang ingin mendapatkan kesuksesan dalam menjalankan bisnis ini, Anda sebaiknya memahami hal apa saja yang bisa membawa Anda pada kondisi merugi.

  • Membuka kesempatan pada orang untuk hutang pulsa

Pada permulaan membuka bisnis ini, Anda mungkin hanya menggunakan modal yang tidak terlalu besar untuk mendapatkan saldo yang digunakan untuk berjualan. Ruang lingkup pemasaran dan target konsumen Anda pun mungkin sebatas orang-orang dekat di sekitar Anda. Bila tujuan Anda menjalankan bisnis pulsa benar-benar untuk berbisnis, Anda sebaiknya tidak membuka kesempatan pada siapapun termasuk teman dekat, keluarga, atau siapapun untuk berhutang pulsa kepada Anda meskipun dalam nominal yang kecil sekalipun. Hal ini bukan berarti bahwa Anda harus menjadi orang yang pelit dan tidak mau menolong orang lain. Dalam kondisi tertentu seperti darurat dan Anda pun mengenal karakter orang tersebut dengan baik mungkin Anda bisa memberikan hutang pulsa kepadanya yang mana bila Anda menagihnya, ia pun tidak akan keberatan untuk membayar. Namun, sebisa mungkin Anda sebaiknya menghindari peluang orang untuk berhutang pulsa kepada Anda.

  • Mengambil untung yang terlalu besar

Anda sebaiknya memahami bahwa dalam bisnis pulsa adalah tentang bagaimana memutar modal yang ada tersebut dengan cepat. Banyak orang seringkali ingin mendapatkan keuntungan besar dalam sekejap sehingga mereka memasang harga pulsa yang lebih tinggi dari pasaran. Cara ini pastinya bukan cara yang efektif untuk memutar modal dengan cepat karena dengan harga yang tinggi maka konsumen Anda akan lari ke penjual lainnya. Dalam menjalankan bisnis ini, Anda sebaiknya mengambil keuntungan yang tidak terlalu besar, ditambah adanya promo-promo untuk menarik semakin banyak konsumen. Keuntungan kecil tersebut bila masuk secara konsisten dalam jumlah banyak pastinya juga bisa menjadi keuntungan yang besar namun tidak merugikan bisnis pulsa yang Anda jalankan.