Bagi Anda pebisnis Server Pulsa, pasti Anda ingin memajukan dan mengembangkannya. Namun, Anda harus tahu tips-tipsnya agar dapat mengembangkannya dengan maksimal.

Tips Bisnis Server Pulsa

1. Mencari SDM yang Berkualitas Baik

Kebanyakan bisnis server pulsa mengalami masalah dalam merekrut SDM yang jujur dan kompeten. Akibatnya, banyak kebocoran dan penyelewengan. Selain itu, Pekerja tersebut bila tidak menguasai bidang pekerjaan tersebut pasti akan kesulitan dalam mengelola server pulsa yang dijalankannya, akibatnya server pulsa tersebut akan sulit berkembang akibat dari SDM yang tidak menguasai sistem kerja

2. Operasional.

Solusinya adalah merekrut SDM yang jujur, handal serta memiliki kompetensi yang dibutuhkan dibidang bisnis pulsa ini. Bila mengelola SDM yang tidak jujur dan tidak kompeten, pasti tidak akan senang bekerja dengan mereka.

3. Mengelola Pelanggan dengan Tepat

Di bisnis server pulsa, Anda tidak mungkin bisa masuk ke semua segmen pelanggan. Pilih segmen pelanggan atau target market yang sesuai dengan konsep bisnis yang Anda pakai. Salah memilih segmen pelanggan akan menyebabkan penolakan dari calon pelanggan. Setelah menjadi pelanggan, perhatikan kebutuhannya. Karena Anda tidak mungkin memenuhi keinginan semua orang, Anda dapat memenuhi kebutuhan sebagian orang yang benar-benar penting.

4. Mengelola Cashflow agar Bisnis Lancar

Apapun jenis bisnisnya, cashflow adalah raja. Begitupun di bisnis server pulsa. Percuma mengeruk transaksi dalam jumlah banyak kalau cashflownya tidak lancar akibat salah urus dan macet di luar. Tanpa cashflow yang lancar, Anda tidak akan mendapatkan supply yang kontinyu. Selain itu, jika sebagian besar modal Anda berasal dari hutang deposit, hal ini akan meningkatkan risiko terjadinya penarikan saldo besar-besaran.

5. Mengelola Inventori dengan Tepat agar Supply Kontinyu

Mengurus bisnis server pulsa elektrik ini jauh berbeda dengan menjadi master pulsa atau agen pulsa. Itu karena banyak Sebab dan kewajiban dalam hal mengelola inventori yang bermacam-macam dengan harga nominal bermacam-macam. Salah urus, maka dapat dipastikan uang Anda akan macet di inventori yang tidak laku dan akhirnya harus diobral murah. Jika tidak dikontrol, stok Anda akan mengalami kebocoran akibat transaksi ilegal dari dalam maupun dari luar. Gunakan kartu stok yang sederhana untuk mengontrol pergerakan stok di server pulsa Anda.

6. Mengelola Piutang dengan Bijaksana

Di bisnis server pulsa, kita lazim melihat server pulsa yang memberikan piutang sebagai daya tariknya. Tujuan memberi piutang kepada agen pulsa adalah baik, hanya jika itu dilakukan untuk menaikkan transaksi. Jika piutang yang Anda berikan tidak menimbulkan kenaikan transaksi, jangan berikan piutang. Jika Anda memberi piutang untuk melakukan akuisisi tanpa adanya kenaikan transaksi, Anda akan meningkatkan resiko besarnya piutang tak tertagih. Ini menyebabkan kerugian jangka panjang dan macetnya cashflow.