Strategi Pemasaran Bisnis PulsaBisnis pulsa adalah bisnis yang menjanjikan di era globalisasi seperti ini. Kebutuhan akan internet seakan tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Hal ini dijadikan peluang besar untuk membuka bisnis baru yaitu menjadi agen pulsa atau server pulsa. bisnis ini melakukan stok pulsa, mengirimkan data untuk pengisian pulsa, dan lain-lain. Tetapi, seimbang dengan dibukanya bisnis pulsa tentu persaingan semakin besar, dan untuk mengikuti persaingan tersebut ada beberapa strategi yang bisa di jalankan agar bisnis yang di jalankan lebih lancar dan menghasilkan laba atau keuntungan yang cukup memuaskan.

Persaingan produk sejenis ini tentu memerlukan strategi yang tepat agar tetap berjalan dan stabil kondisi penjualannya. Salah satu strategi bisnis stok pulsa ini yaitu marketing mix. Marketing mix adalah unsur-unsur penting untuk membentuk program pemasaran dan sudah umum digunakan siapa saja dalam mengembangkan bisnis. Artikel kali ini akan membahas apa saja strategi dalam bisnis pulsa:

Strategi ini terdiri dari 5 elemen, diantaranya:

1. Product (Produk)
Jualah produk yang bervariasi dari berbagai provider beserta nominal dari yang terkecil sampai terbesar. Selalu lakukan stok pulsa jika saldo sudah mulai menipis untuk mengantisipasi kehilangan pelanggan akibat tidak adanya saldo. Jangan sampai pelanggan kecewa karena transaksi yang gagal. Pilihlah server pulsa yang berkualitas dan lancar, karena jika server yang Anda pilih ternyata lambat, pasti akan memperlambat masuknya pulsa.

2. Price (Harga)
Dalam menjual stok pulsa, usahakan jangan mahal melebihi harga pada standarnya. Ambillah keuntungan yang sewajarnya saja karena semakin ambisi Anda untuk mencapai laba tinggi, maka pelanggan juga semakin berkurang dan mencari counter lain yang lebih murah.

3. Place (Lokasi)
Ketika menjalankan bisnis, Anda tentu memerlukan toko fisik. Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh pelanggan. Jangan memilih tempat yang masuk gang, karena target Anda mungkin hanya di sekitaran itu saja sehingga bisnis Anda nantinya juga akan bertahan di titik-titik itu saja.

4. Promotion (Promosi)
Menjalankan bisnis stok pulsa, tidak bisa tanpa diimbangi dengan proses promosi. Ketika pertama membuka usaha, mungkin Anda bisa melakukan promosi dari mulur ke mulut, tetapi seiring berkembangnya bisnis, Anda harus melakukan promosi lanjutan seperti menyebarkan brosur berisi promo, atau menggunakan media sosial sebagai perantara.

5. People (Orang)
Maksud dari strategi ini adalah memilih sumber daya yang berkualitas. Paling tidak meskipun karyawan Anda tidak memiliki pendidikan yang tinggi untuk ukuran usaha yang kecil, tetapi ia selalu menjunjung attitude dan kejujuran dalam bekerja. Biasanya orang-orang seperti ini akan menunjang kesuksesan.

Semoga informasi di atas bisa membantu Anda yang ingin memulai bisnis pulsa. Dengan strategi pemasaran stok pulsa yang tepat maka Bisnis pulsa Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan memuaskan.