Di Indonesia, harga paket data internet memang masih dirasa cukup mahal. Hal ini sering dikeluhkan oleh masyarakat tanah air, namun meskipun harganya mahal, nyaris hamper semua orang tetap membelinya. Jika kita memiliki smartphone, maka kita wajib membeli paket internet agar smartphone kita bisa digunakan secara optimal. Kita bisa tidak membutuhkan paket internet, jika smartphone kita selalu terhubung dengan WiFi. Namun, kenyataannya di Indonesia WiFi jarang ditemukan di tempat umum, tak seperti di kota besar di luar negeri. Kembali lagi ke masalah mahalnya harga paket internet. Memang banyak factor yang membuat harga paket internet menjadi mahal. Bagi kalian yang penasaran apa penyebabnya, simak artikel ini sampai selesai karena saya akan memberikan sedikit penjelasan mengapa harga paket internet bisa menjadi mahal.

1. Reputasi yang dimiliki perusahaan

Perusahaan yang memiliki reputasi bagus di mata masyarakat, identic dengan penjualan harga paket data yang cenderung lebih mahal disbanding dengan competitor lainnya. Misalnya, Telkomsel yang menjadi perusahaan provider terbesar di Indonesia. Dimana paket internet yang dijual oleh Telkomsel meman lebih mahal dibanding dengan perusahaan provider lain. Namun harus diakui, bahwa kecepatan jaringan internet yang dimiliki oleh Telkomsel memang berbeda, begitu pula dengan luas jangkaun wilayahnya yang terbilang lebih besar daripada provider lain.

2. Segmentasi pasar

Semakin banyak masyarakat cenderung memakia salah satu provider seluler, maka tentu si perusahaan tersebut bakal berani memasang harga paket data yang lebih mahal. Hal ini tak lain dipengaruhi oleh bagusnya sinyal internet di suatu daerah tertentu, dimana hal ini akan mendoron masyarakatakan menggunakan jasa provider internet mereka dan ini kesempatan bagi perusahaan untuk meraup keuntungan lebih besar dengan menjual paket internet sedikit lebih mahal.

3. Adanya lisensi spektrum

Yang dimaksud dengan lisensi spektrum ini adalah jaringan yang ditawarkan oleh provider yang membuat data internet. Kami bisa bandingkan arga paket data untuk kualitas jaringan 3G dan 4G, dimana kita temukan harga 4G lebih mahal bukan? Jadi, semakin tinggi jaringannya, maka bakal semakin mahal juga harga paket data tersebut. Apalagi, adanya isu mengenai kemunculan jaringan 5G belakangan ini membuat harga paket internet menjadi semakin naik.

4. Berani mengambil resiko

Untuk mengembangkan kekuatan jaringan internet mereka, perusahaan harus berani menghadirkan terobosan yang tentu tidak gratis.contohnya seperti menambah jumlah antenna serta gelomang radio. Tapi, usaha pengembangan ini tak selalu mendapati keberhasilan. Jika gagal, otomatis perusahaan menghabiskan dana yang tak sedikit yang berdampak pada pembebanan penjualan paket data yang dinaikkan.

Demikian beberapa faktor pendukung paket data dijual dengan harga yang tak murah. Solusi terbaik, gunakanlah paket internet kalian sewajarnya saja, berhemat agar pengeluaran biaya untuk pembelian paket internet tidak membengkak di kemudian hari.