Pulsa pada masa serba digital seperti ini memang sangatlah penting dan bisa dibilang merupakan produk wajib yang selalu dibeli. Entah itu melalui counter dekat rumah atau melalui situs online. Oleh karena itu, tidak heran jika bisnis pulsa merupakan salah satu bisnis yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat. Siapapun bisa dengan mudah menjadi agen jual pulsa. Namun yang perlu dicermati sebenarnya bukan semakin maraknya penjual, melainkan bagaimana sebuah software pulsa berjalan. Penasaran bukan bagaimana sistem ini memudahkan transaksi jual-beli pulsa kita?

Software pulsa ini berada di komputer server pulsa. Server sebenarnya merupakan sebuah penyalur, atau dalam hal ini bisa dikatakan fasilitator. Contoh sederhana saja misalnya dalam pasar perdagangan, toko, minimarket, hingga mall bisa dikatakan server. Mereka menyediakan semua kebutuhan. Server ini membutuhkan sistem untuk menjalankan bisnis transaksinya yang mana terintegrasi dengan para provider.

Cara kerjanya juga sangat mudah. Konsumen cukup hanya mengetikkan nomor telepon mereka dan kemudian software akan mendeteksi jenis provider apa yang digunakan nomor tersebut. Lalu kemudian mereka akan menyediakan beragam jenis pulsa plus nilai nominalnya. Proses akan dilakukan jika konsumen menyetujui transaksi tersebut. Setelahnya pun, software akan otomatis mengirim SMS pada server dengan muatan format yang telah disetujui tadi. Server lantas memproses pesanan hingga pembeli menerima pulsa yang tadi ia bayarkan.
Selain melakukan transaksi, software juga dapat mengidentifikasi transaksi melalui nomor faktur penjualan. Software juga bisa untuk mencetak pendapatan counter, menunjukkan sisa saldo, hingga menghitung nilai laba rugi. Yang paling unik, sistem software bisa dengan otomatis mendata nomor pembeli yang telah digunakan untuk bertransaksi sehingga kapanpun kita berpromosi, nomor-nomor tersebut bisa menjadi target marketing.

Sekarang ini, banyak aplikasi software pulsa tersebut yang mudah ditemukan. Misalnya saja di aplikasi Google Playstore. Disana banyak tersedia software gratis dan dengan fitur yang sudah cukup layak dipakai untuk berjualan. Pastinya siapkan dulu akses internet yang lancar di ponselmu. Bagi para penjual pulsa, akses internet merupakan salah satu komponen penting, bukan?

Bagi kalian yang memang ingin menjadi agen pulsa, ada baiknya kamu menyiapkan salah satu software diatas agar transaksi bisnismu berjalan lancar. Namun sejatinya dalam memilih software, kamu harus mengutamakan keamanan dirimu sendiri sebelum tergiur dengan harga. Sebelum membeli, cari saja beberapa info tentang bisnis pulsa ini. Jangan ragu jika ingin berdiskusi di forum-forum berpengalaman. Kamu juga bisa bertanya langsung kepada para praktisi. Meski berjualan pulsa pada awalnya terlihat sepele dan bukan pekerjaan yang menjanjikan, tapi jangan salah… sekarang ini banyak orang yang berlomba berjualan pulsa karena tergiur dengan hasil yang ditawarkan. Jadi tunggu apalagi? Siapkan dirimu dan selamat berbisnis!