Perkembangan teknologi dunia komunikasi memang bombastis, sekali meledak dampaknya meluas jauh bermil-mil. Tapi asyiknya bukan yang dekstruktif, malah konstruktif. Cobalah perhatikan perusahaan star up bermunculan sebagai dampak ikutannya. Lalu calon-calon pengusaha muda berkecambah dengan segala macam kreativitasnya. Itulah pengusaha yang berfungsi sebagai developer bukan user. Apa maksudnya? Dan apa hubungannya dengan cara membuat server pulsa?

Begini, berbagai tipe orang di dunia, reaksinya berbeda dalam menyikapi perkembangan teknologi. User adalah orang-orang yang terima jadi, ada teknologi baru dengan sigap ia gunakan teknologi itu. Bila ada yang lebih baru, dengan cepat iapun update, bereaksi cepat hanya untuk mengikuti trend, menjadi pemakai teknologi terkini. Kalau orang berkategori developer ia akan berpikir dengan teknologi ini apa yang bisa dikembangkan. Usaha potensial apa yang bisa dijadikan ladang keuangan? Bagi pengusaha server contohnya akan berpikir bagaimana cara membuat server pulsa? Atau bagaimana bisa membuat software dengan fitur lengkap?

Rasa penasaran, ingin mencontoh bahkan mengembangkan sesuatu yang melampaui atau sama sekali baru. Begitulah seorang pengusahapun selalu berusaha bagaimana agar penjualan meningkat? Kalau sudah mencapai titik jenuh ia akan berusaha membuka diversifikasi usaha lainnya yang mendukung. Bermula dari seorang konsumen pulsa, menjadi downline pulsa, jadi master dealer pulsa, server pulsa dan berniat jadi pengusaha jasa server pulsa. Nah itu yang berpikiran maju. Jangan mau berkutat di dunia yang monoton. Dari penjual pulsa punya niat jadi pengusaha jasa server pulsa dan ingin tahu cara membuat server pulsa. Bagaimana caranya?

Kalau ingin berkembang jadi developer server pulsa tentunya yang pertama ia harus menguasai ilmu komputer dulu. Tak perlu menyesal kalau selama ini punya komputer cuma habis dipakai buat main game. Paling banter ngetik mengerjakan tugas, terus berselancar di dunia maya facebook-an. Ujung-ujungnya komputer rusak kena petir gara-gara keasyikan main game saat hujan lebat. Semoga tidak begitu. Perangkat CPU Anda masih utuh tapi tidak tahu spesifikasinya. Apa yang dibutuhkan dan bertanya pada siapa tentang cara membuat server pulsa ini.

Pelajari teori dasar ilmu komputer ini baik hardware maupun software. Kalau selama yang dipelajari bahasa Indonesia, bahasa inggris atau bahasa lainnya kali ini harus fokus belajar bahasa computer. Sulit? Tergantung kita menganggapnya, kalau belum apa-apa dibilang sulit tentu yang ditemui kemudian kesulitan. Dibilang mudah juga tidak. Jalani saja belajar yang fokus dengan penuh minat. Membaca buku-buku pemprograman dengan giat. Nanti lama-lama tahu cara membuat server pulsa.

Tapi kalau mau praktek langsung cara membuat server pulsa bisa juga di tempat pengusaha server pulsa, kursus singkat, atau ikut magang di workshop penyedia jasa server pulsa.