Telah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa agar Anda bisa membuat server pulsa pertama harus menguasai ilmu komputer terlebih dahulu. Ilmu komputer bukan saja bisa membuat Anda mengetahui seluk beluk cara membuat server pulsa, lebih dari itu tanpa sadar telah menyiapkan banyak peluru untuk ditembakkan membuat usaha-usaha lainnya yang berbasis teknologi komputer.

Langkah awal, coba Anda pergi ke gudang. Adakah di sana teronggok PC yang sekian lama anda tinggalkan karena sudah beralih ke laptop yang lebih praktis dan mobile. Biarpun sekarang sudah kotor dan berdebu, tapi ia sudah sangat berjasa. PC itu telah membantu membuat paper atau skripsi. Menemani saat-saat bĂȘte dengan memainkan game. Terkadang juga searching beraneka hiburan dan tutorial. Mungkin pada saat itu belum terpikir untuk melihat tutorial cara membuat server pulsa.

Anda bersihkan dari debu. Cari kelengkapannya kalau-kalau tercecer sana-sini. Sambil membersihkannya dalam benak pasti muncul kembali kenangan bersama PC itu. Pernahkah anda menggunakan PC dengan tampilan layar yang monokrom? Ada yang putih, ada yang hijau menyilaukan, atau tampilan hurufnya oranye. Saat itu melihatnya bikin sakit mata. Perkembangan teknologi amat cepat. Penyimpan data berubah dari disket yang ukuran besar bermetamorfosa menjadi floppy disk kemudian menjelma menjadi flashdisk seperti sekarang. Makin kecil fisiknya tapi muatan memory besar. Jelas PC saat itu tidak akan sesuai untuk dibuat server pulsa. Handphone belum familiar, tak ada pulsa dan tiada yang mengetahui cara membuat server pulsa.

Generasi Anda tentunya pengguna Windows di awal atau pertengahan di masa perkembangannya. Jadi perangkat PC yang telah teronggok ini tidak terlalu jadul. Jadi masih ada harapan untuk dimanfaatkan. Apalagi bila penyimpanannya cukup apik dibungkus dalam kemasan plastik, ruangan kering tidak lembab. Kalau lembab partnya banyak yang berkarat. Harap-harap masih layak, sudah terbayang akan dimanfaatkan untuk membuat server. Tinggal nanti coba lihat tutorial cara membuat server pulsa.

Anda sudah tercerahkan dengan ilmu komputer tinggal mulai menyiapkan untuk membuat server pulsa. Perangkat hardware yang perlu disiapkan tentunya yang harus sesuai dengan kriteria yang dapat mendukung terwujudnya sebuah server pulsa, persiapan yang pertama mengecek PC-nya apakah RAM nya 1 gigabyte dan CPU prosesornya dual core? Berangkat dari apa yang telah Anda cari di gudang, atau memang sedang digunakan, bila belum sesuai bisa diupgrade sendiri.. Bila belum berani bisa sambil didampingi teman yang sudah terbiasa upgrade komputer. Cara membuat server pulsa tak lama lagi akan dikuasai.

Setelah menyiapkan peralatan di atas, kita bisa menghubungi pihak yang menyediakan jasa server pulsa untuk mendapatkan software dan hardware yang dibutuhkan. Agar Anda bisa membuat dan berkonsultasi cara membuat server pulsa.