Pada pembahasan mengenai cara membuat server pulsa sebelumnya harus mengetahui ilmu komputer. Yang keduanya telah menyiapkan CPU dengan klasifikasi yang telah sesuai dengan yang dibutuhkan, yaitu RAM 1 gigabyte dan CPU prosesornya dual core. Guna melengkapi hardware dan software yang akan digunakan Anda bisa hubungi penyedia jasa server pulsa untuk mendapatkan spesifikasi yang diperlukan.

Sebelum melengkapi hardware dan sofwarenya. Harus diingat bahwa semua harus terkoneksi ke jaringan internet, seperti Indihome atau speedy adalah provider yang sangat disarankan. Kemudian hardware yang mesti dipersiapkan adalah modem, software pulsa, dan juga ups.

Modem

Sebelum modem diperkenalkan, untuk mengatur tugas center dan sender adalah handphone GSM. Handphone Siemen seri C55 dan M55 adalah handphone yang umum digunakan karena mesinnya fleksibel untuk all software pulsa yang ditanamkan.

Seiring melompatnya teknologi komputer dan koneksi internet maka modem dipakai sebagai perangkat pilihan. Kerja modem lebih bisa mengoptimalkan pada kerja sistem komputer. Modem bisa memproses data dan transaksi yang bekerja dalam satu waktu. Ia juga terbebas dari masalah baterai ngedrop.

Kinerja modem ini telah dievaluasi dan dihasilkan data sebagai berikut:

  • Dalam melakukan transaksi pengisian isi pulsa system bisa bekerja lima kali lebih cepat daripada menggunakan handphone GSM.
  • Mendukung dengan baik terhadap server dengan transaksi yang beri-ribu kuantitasnya tanpa mengalami hambatan.
  • Kondisi modem relatif stabil dalam mengantisipasi transaksi yang kontinyu terus-menerus tanpa putus.
  • Kemudahan dan kepraktisan merawat perangkat modem berimbas kepada penghematan biaya.

Software Pulsa

Software pulsa merupakan salah satu sistem di komputer yang bertanggung jawab menganalisa dan mengeluarkan perintah dengan otomatis. Dalam hal yang terkait tindakan dan tanggapan atas transaksi isi pulsa. Sistem bersinergi dengan perangkat modem hingga pulsa diterima oleh nomor yang dituju. Sistem bekerja secara otomatis, tanpa melibatkan campur tangan manusia, oleh karena itu perangkat yang bersinergi haruslah perangkat yang bisa diandalkan. Perlu software yang baik agar tidak ada hambatan dalam kerja server. Mengetahui cara membuat server pulsa harus pula memperhatikan cara mendapatkan software yang baik.

UPS

UPS (Uninterruptible Power Supply) yaitu alat yang dapat membackup suplay energi ketika terjadi pemutusan power ke komputer dari pemasok listrik utama yaitu PLN. Bisa dianggap sebagai backup battery. UPS terpasang di antara computer dan suplay listrik PLN. Selama suplay listrik berjalan, UPS akan menyimpan arus listrik sebagai cadangan. Ketika arus listrik dari PLN terputus, ada konsleting atau pemadaman dari PLN langsung, maka UPS akan menggantikan memberikan arus listrik ke komputer.