Bagi kalian yang masih awam dengan sistim server pulsa, pasti penasaran bagaimana sistim dan pengisian proses. Kalau kalian bertindak sebagai agen pulsa yang ikut dengan server pulsa, artinya bisa dikatakan kalian bertindak sebagai pihak ketiga dari alur pengisian pulsa tersebut. kok bisa begitu? Secara sederhana saja, pengisian pulsa juga memiliki sebuah alur. Adapun alurnya sebagai berikut:

Operator – server pulsa – pengecer/agen – pengguna pulsa

Dari alur tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa server pulsa juga bisa bertindak sebagai agen itu sendiri. Dengan begitu, dapat diperjelas dengan sederhana bahwa server pulsa adalah sebuah perangkat yang mengaitkan operator penyedia pulsa ke pengecer atau kepada pemakai pusa itu sendiri. Kalau memang sebuah server pulsa dapat mengirim secara langsung kepada pihak keempat atau si pengguna pulsa, lalu mengapa agen pulsa tetap dibutuhkan? Pastinya kalian sudah mengenal system kerja MLM bukan? Nah, system pulsa ternyata juga hampir mirip dengan system MLM tersebut. tak hanya itu, agen pulsa ada lantaran digunakan untuk membangun sebuah perangkat software pulsa diperlukan modal yang besar  untuk menggabungkan sejumlah chip operator menjadi satu kesatuan. Sehingga bagi kalian yang hendak memulai bisnis jualan pulsa untuk bisnis sampingan kalian dimudahkan dengan adanya server pulsa tersebut.

Adapun alat yang diperlukan antara lain sebagai berikut :

  • unit computer yang lengkap: Komputer ini minimal memiliki spesifikasi prosesor dual core dengan kapasitas ram 1GB. Mengapa perlu 1 unit computer dengan ram 1Gb? Hal ini sebab pembaruan aplikasi saat ini membutuhkan sejumlah spesifikasi yang terbaru untuk mengantisipasi server down.
  • UPS (uninterrutible power supply): Server pulsa harus selalu On setiap waktu, sebab salah satu tugas server yakni untuk melakukan monitoring kegiatan pulsa dari operator ke agen/pengguna pulsa itu sendiri. UPS dipakai untuk menyimpan daya listrik sementara, jika suatu saat listrik padam, komputer akan tetap menyala karena tersokong oleh UPS ini.
  • Modem/ jaringan internet: Modem ini berguna sebagai SMS gateaway yang mana modem ini bakal ditancapkan beberapa chip dari setiap operator. Kita tahu, bahwa setiap provider ini punya sejumlah chip pulsa misalnya seperti Mtronik, dan lainnya. singkatnya, modem ini berguna untuk mengkoneksikan semua chip operator kedalam satu computer.
  • Software pulsa: Software pulsa ini berguna sebagai koneksi antara modem dan computer. Jadi, aplikasi ini nantinya bakal dipakai server pulsa untuk mengirim deposit pulsa kepada setiap agen yan kita miliki. Akan tetapi, pastikan dulu aplikasi pulsa ini adalah original alias bukan KW.

Perlu diketahui, dalam upaya cara pembuatan server pulsa memang bervariasi. Dimana modal yang kamu perlukan mulai dari 3 juta sampai 8 juta rupiah. Biasanya, semakian mahal paket yang dipilih, maka peralatan yan didapat juga akan semakin lengkap.