Keunggulan Printer Untuk PPOBKeunggulan printer untuk PPOB. Dalam melakukan transaksi PPOB, bukti pembayaran atau struk pembayaran dilakukan menggunakan metode SMS. Baik itu bukti pembayaran untuk pengisian token pulsa PLN prabayar ataupun tagihan listrik pascabayar. Walaupun sering digunakan, tidak sedikit kontra yang ada pada metode bukti pembayaran dengan jalan via SMS ini. Walaupun secara garis besar memang sama karena dalam SMS tersebut tercatumkan nomor yang digunakan untuk referensi. Jika kita lihat SMS referensi ini sama dengan SMS notifikasi yang berasal dari bank. Karena itulah, sangat disarankan mencetak bukti pembayaran menggunakan kertas dengan cara di print.

Berbagai Keunggulan Printer Untuk PPOB

Sebenarnya, saat cetak bukti pembayaran PPOB tidak membutuhkan printer yang mahal ataupun model printer terbaru. Namun yang harus diketahui adalah keunggulan printer untuk PPOB yang biasanya telah digunakan sebelumnya. Nah, berikut beberapa keunggulan penggunaan printer tersebut.

  • Printer Tinta

Sudah banyak sekali loket PPOB yang secara khusus menggunakan printer ini untuk mencetak struk bukti pembayaran PPOB. Keunggulan printer untuk PPOB ini bukan hanya karena harganya yang cukup terjangkau saja, menggunakan jenis printer ini juga sangat mudah dalam hal perawatannya. Tak hanya itu saja, printer ini juga sudah support dengan aplikasi PPOB yang ada, baik itu basis WEB ataupun desktop. Akan tetapi, bukti pembayaran PPOB yang dihasilkan tidak bisa bertahan lama. Karena tintanya sangat mudah luntur.

  • Printer Dot Matrix

Walaupun menggunakan jenis teknologi jadul, akan tetapi ada salah satu teknologi yang nyatanya tidak bisa tergantikan dengan jenis printer lainnya. Yakni menggunakan sebuah jarum yang dijadikan sebagai pembuat tulisan yang akan dicetak. Dengan adanya jarum ini membuat tinta akan masuk pada pori-pori kertas yang membuat hasil cetakannya bisa tahan lama serta sangat rentan luntur. Walaupun demikian, kekurangan yang biasanya muncul pada jenis printer ini adalah keluarnya suara bising atau keras pada printer saat digunakan. Selain itu, apabila printer ini rusak, biasanya akan sulit menemukan speart part-nya.

  • Printer Laser

Adalah salah satu printer yang memang memiliki teknologi baru dan dikenal sebagai printer terbaik dari segi kecepatan untuk mencetak. Teknologi yang dimaksud adalah adanya toner atau serbukyang ada didalamnya. Dengan adanya teknologi ini akan membuat hasil cetakan yang dihasilkannya akan menyamai fotocopy serta memiliki kemampuan untuk mencetak yang sangat cepat. Printer Laser ini merupakan salah satu printer yang paling cepat untuk mencetak struk PPOB. Hal inilah yang menjadi salah satu keunggulan printer untuk PPOB ini.  Walaupun demikian, printer ini memang digolongkan menjadi salah satu printer yang harganya cukup mahal. Tak hanya itu, dibandingkan Dot Matrix, kualitas hasil cetakan yang dimilikinya kalah tahan lama.