Bila bisnis Server Pulsa Anda ingin berkembang, maka Anda harus menghindar dari penghambat bisnis tersebut. Kami akan menerangkan apa saja faktor penghambat Bisnis Server Pulsa.

 

Faktor Penghambat Bisnis Server Pulsa

1. Tidak Menguasai Program Server

Banyak server isi ulang pulsa di Indonesia operatornya tidak memahami komputer sama sekali. Masih banyak operator yang untuk meng-copy data dari komputer ke flashdisk atau sebaliknya saja masih kebingungan. Menjalankan server tidak hanya sebatas menghidupkan dan mematikan saja. Dan harus bisa melakukan perawatan server dengan benar.

Mesin server (komputer) harus diperhatikan dan diservis secara berkala. Banyak operator juga tidak paham bila komputer terkena virus, komputer mati, dan sebagainya, sehingga penanganan akhirnya menjadi lama. Untuk itu, carilah operator yang banyak paham tentang komputer, terutama komputer server.

2. Tidak Paham Manajemen Sumber Daya Manusia

Masih banyak owner yang tidak memahami manajemen pengelolaan SDM. Awalnya mereka membangun usaha, lalu berkembang, dan kemudian mencari karyawan. Sayangnya mereka tidak bisa mendelegasikan tugas dan wewenang ke bawahannya. Maka akhirnya, pengangkatan karyawan itu tidak berfungsi. Melainkan hanya sebatas menjadi teman ngobrol saja.

Bila mengangkat karyawan atau memperkerjakan seseorang, harus diberikan tugas dan wewenang secara jelas. Pastikan ketika Anda sedang ada urusan lain, usaha Anda masih tetap berjalan karena ada bawahan Anda yang menjalankannya.

Gagalnya Pendelegasian tugas dan wewenang dalam perusahaan selain owner yang tidak percaya pada orang lain juga bisa diakibatkan oleh gagalnya membangun iklim kerja yang nyaman. Kalau Anda mengingnkan karyawan Anda loyal dan bisa bekerja maksimal dengan penuh tanggungjawab, maka Anda harus menciptakan iklim kerja seperti nuansa dalam kehidupan rumah tangga.

Jelasnya, ketika Anda menginginkan karyawan Anda bisa bekerja secara optimal maka Anda harus memberikan hak mereka dan memperlakukan mereka seperti teman. Akrab namun dengan tetap memiliki ketegasan.

3. Tidak Adanya Innovasi Bisnis.

Apapun Bisnisnya, Anda harus paham kalau namanya bisnis itu tidak ada yang abadi. Untuk itu perlu adanya innovasi. Karena hanya dengan memberikan inovasi baru terhadap bisnis Anda konsumen Anda akan bisa betah bersama Anda.

4. Tidak Memiliki Pembukuan yang Jelas

Mereka tidak tahu berapa permodalan yang telah distor, tidak pernah mencatat uang masuk dan keluar. Keuntungan hanyalah berdasarkan perkiraan belaka. Server jalan tanpa acuan yang jelas. Dan parahnya software tidak mendukung untuk itu.

5. Persaingan Harga yang Tdak Sehat

Penyebab lain dari hancurnya server isi ulang pulsa adalah terjebak dalam persaingan harga yang tidak sehat. Ini biasanya terjadi pada pemain baru dengan modal minim. Dimana saja namanya pemain baru selalu melakukan promosi.

Strategi promosi yang paling banyak diambil adalah dengan memberikan potongan harga. Karena pemain baru rata-rata masih memiliki sifat sangat labil, maka ketika tidak berhasil menyedot konsumen biasanya mereka akan habis- habisan memberikan potongan harga.