Bagi Anda yang baru menjalankan bisnis server pulsa, Anda harus mempersiapkan diri dan melakukan persiapan dengan matang. Dengan menjadi seorang server pulsa, Anda tidak harus membuka counter yang membutuhkan budget mahal akan tetapi dengan cara membuka bisnis pulsa pada rumah Anda. Dengan menggunakan cara tersebut maka akan mengeluarkan dana operasional yang sedikit sehingga banyak menghemat anggaran yang biasanya terpakai dengan banyak. Suatu teknologi bernama gadget saat ini sudah banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia karena fitur-fitur yang disediakan juga semakin canggih. Dengan demikian, suatu bisnis pulsa tidak dapat mati karena dengan majunya teknologi maka banyak juga peminatnya. Selain itu, pulsa akan menjadi suatu hal yang tidak sepi peminat dan dibutuhkan selalu seperti bekerja, bermain game, mendengarkan musik, dan lainnya di masa depan. Jadi, penggunaan pulsa tidak hanya digunakan sebagai sarana komunikasi saja.

Sebagai pemula ada beberapa hal mudah yang harus dilakukan untuk membuat server pulsa kemudian bisnis server pulsa ini mudah untuk dijalankan karena bisnis ini merupakan bisnis yang fleksibel. Selain fleksibel, bisnis server pulsa merupakan suatu bisnis yang mengguntungkan dan memiliki risiko rendah terjadi suatu bisnis gagal. Dalam menjalankan bisnis server pulsa ini terdapat kendala yang menanti akan tetapi tidak sebesar kendala yang dihadapi oleh bisnis yang lainnya. Pangsa pasar dari bisnis server pulsa ini juga luas karena pengguna gadget akan membutuhkan pulsa. Pulsa dengan gadget diibaratkan sebagai 2 hal yang tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam membuat server pulsa dengan menggunakan biaya yang terjangkau, antara lain:

  1. Menyiapkan 1 set komputer yang memiliki spesifikasi RAM minimal 1 GB yang dilengkapi oleh CPU processor dual core.
  2. Memilih modem yang memiliki kualitas terbaik dan koneksi internet cepat dan stabil karena jika koneksi internet menurun dan sering down maka akan menghambat proses pengiriman pulsa.
  3. Meningkatkan kemampuan untuk mempelajari penggunaan komputer untuk transaksi, menggunakan software dan kebutuhan umum yang lain secara mendetail.
  4. Memilih software yang terbaik dan original karena dengan memilih software yang palsu akan membahayakan bisnis server pulsa yang Anda miliki.

Setelah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, maka Anda langsung bisa mendaftarkan bisnis server pulsa Anda supaya dapat melakukan transaksi penjualan. Pada awalnya Anda mengisi saldo pulsa sedikit saja kemudian jika penjualan pulsa sudah stabil maka Anda bisa menambah stok pulsa yang disesuaikan dengan kemampuan. Modal yang harus dikeluarkan untuk membuka bisnis server pulsa sendiri tidak harus banyak, hanya cukup mengeluarkan modal dibawah 5 juta jika tidak mengeluarkan biaya sewa konter. Chip yang digunakan berupa 1 chip yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi semua operator.