Transaksi Whatsapp Untuk Bisnis PulsaSelama ini, Anda mungkin hanya mengenal transaksi pengisian pulsa menggunakan laanan pesan singkat atau SMS. Namun ternyata metode pengisian pulsa yang berkembang di dunia para pebisnis pulsa sudah sangat beragam. Sebelumnya, sudah ada layanan pengisian pulsa dengan memanfaatkan Yahoo Messenger untuk media transaksi. Namun karena berkaitan dengan kebijakan Yahoo, kini YM atau Yahoo Messenger sudah tidak bisa digunakan dalam bertransaksi pulsa. Inilah mengapa kini muncul beberapa penawaran media transaksi lainnya mulai dari XMPP, Telegram, ataupun yang terbaru dan mulai populer adalah transaksi Whatsapp.

Ternyata ada banyak alasan mengapa server ataupun penyedia pulsa mulai mengembangkan layanan pengisian ataupun transaksi dalam jualan pulsa melalui aplikasi Whatsapp. Salah satunya adalah aplikasi messenger ini sedang sangat populer di masyarakat. Hampir semua pengguna ponsel pintar baik yang berbasis Windows Phone, Android, ataupun iOS. Dengan tingkat pengguna yang cukup besar tersebut, ini bisa menjadi alasan yang sangat masuk akal mengapa memilih aplikasi tersebut sebagai salah satu media transaksi penjualan pulsa.

Selain alasan besarnya pengguna di kalangan masyarakat umum, menggunakan aplikasi Whatsapp pun dinilai bisa lebih menghemat biaya dibandingkan saat Anda menggunakan layanan SMS dari ponsel Anda. Meskipun sama-sama aplikasi untuk pengiriman pesan, Whatsapp menggunakan alur data internet yang pastinya jauh lebih hemat dibandingkan dengan penggunaan pulsa reguler untuk mengirimkan SMS. Penggunaan jalur internet tersebut nyatanya tak hanya memberikan keuntungan dari segi biaya yang bisa lebih dihemat melainkan juga bisa membuat transaksi pengisian pulsa bisa dilakukan dengan lebih cepat selama koneksi internet baik. Dengan demikian, ini tentu juga bisa menjadi salah satu bentuk upaya memberikan pelayanan terbaik dan cepat kepada pelanggan yang mengisi pulsa.

Bila Anda tertarik untuk menggunakan layanan Whatsapp untuk melakukan sejumlah transaksi pengisian pulsa, maka Anda sebaiknya juga memahami bahwa caranya sangat sederhana dan mudah sebagaimana berikut ini:

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Whatsapp itu sendiri dari ponsel Anda. Pastikan aplikasi yang Anda unduh merupakan aplikasi yang sesuai dengan OS dari ponsel pintar Anda apakah Android, iOS, ataupun Windows Phone.
  • Selanjutnya, Anda perlu mengaktifkan Whatsapp dengan nomor ponsel yang telah terdaftar pada server pulsa. Bila kebetulan Anda telah mendaftar pada server pulsa dan Anda ingin menggunakan nomor ponsel lain pada aplikasi Whatsapp maka Anda perlu melakukan paralelisasi pada nomor tersebut sehingga nomor tersebut terkoneksi dengan nomor ponsel yang telah terdaftar pada server.
  • Jangan lupa untuk menyimpan nomor Whatsapp Center dari server pulsa pada kontak di ponsel yang Anda gunakan untuk bertransaksi. Nomor tersebut nantinya yang akan menjadi tujuan saat Anda ingin mengisi pulsa, mengecek saldo, melakukan deposit saldo, ataupun lainnya.

Setelah Anda melakukan beberapa langkah tersebut maka nomor Whatsapp Anda sudah bisa digunakan untuk bertransaksi melalui chat sebagaimana saat Anda berkirim pesan melalui SMS. Biasanya format transaksi Whatsapp pun tak berbeda dengan format transaksi melalui SMS ataupun media komunikasi lainnya yang mana hal ini ditentukan oleh masing-masing server pulsa.