Menghemat Token Listrik Daya 1300Biaya listrik yang terlalu besar tentu menjadi kendala bagi rumah tangga. Apalagi yang memiliki kebutuhan token listrik daya 1300 per bulannya. Tentu akan sangat berpengaruh pada biaya pengeluaran rumah tangga Anda. Belum lagi jika ada kenaikan tarif dasar listrik atau subsidi yang dicabut dari pemerintah, tentu akan membuat pengeluaran bulanan menjadi bertambah untuk membeli pulsa listrik. Dan itu belum lagi jika ada tambahan biaya yang dibebankan kepada konsumen seperti biaya administrasi bila pembelian dilakukan di bank. Dimanapun Anda tinggal entah itu di rumah yang sederhana maupun rumah besar tentu menginginkan memangkas biaya pengeluaran terutama untuk listrik yang merupakan kebutuhan primer. Di artikel ini akan dibagikan tips yang bisa Anda ikuti untuk mengurangi biaya untuk listrik yang Anda butuhkan.

  1. Memilih Daya Sesuai Kemampuan

Tentu Anda harus tahu ternyata ada perbedaan harga per Kwh dari beban listrik yang Anda konsumsi. Untuk golongan daya 450 VA dan 900 VA tentunya masih mendapatkan subsidi dari pemerintah. Namun belakangan bagi pengguna listrik dengan daya 900 VA subsidinya pun sudah dicabut dari pemerintah. Hal itu berarti bahwa untuk pembelian token pulsa listrik yang berdaya 450 VA tentunya akan mendapatkan daya kWH listrik yang lebih banyak dibandingkan yang menggunakan token listrik daya 1300, 2200, 3500 VA dan seterusnya. Maka dari itu Anda harus memperkirakan dahulu berapa daya listrik yang Anda butuhkan untuk kebutuhan sehari-hari. Bila terlalu besar, maka Anda bisa meminta ke PLN untuk menurunkan daya listriknya. Semakin besar daya listrik yang Anda gunakan tentu biaya pembelian pulsa listrik pun juga makin mahal untuk per Kwh-nya.

  1. Menggunakan Listrik dengan Pulsa Prabayar

Mengapa sekarang banyak yang beralih untuk menggunakan listrik dengan sistem prabayar? Ada banyak alasan yang mendorong orang-orang untuk beralih ke listrik pra bayar. Salah satu alasannya yaitu untuk memberikan kemudahan dalam mengawasi pemakaian listrik yang telah disesuaikan dengan pulsa yang dibeli per bulannya. Dengan sistem kerja listrik pra bayar ini, tentunya berdasarkan pulsa yang dibeli akan kehabisan ketika pemakaiannya melebihi dan otomatis listrik akan padam. Memang hal ini sedikit menyulitkan, namun dengan cara misalnya membeli token listrik daya 1300, tentu Anda bisa mengetahui bagaimana mengatur pemakaian listrik yang tepat supaya bisa terhindar dari keborosan yang tidak perlu.

  1. Mengganti Lampu dengan Jenis LED

Kini sudah banyak produsen lampu yang memproduksi jenis lampu LED atau Light Emitting Dioda. Lampu jenis ini sangat unggul dalam menghemat energi, cahaya yang dihasilkan lebih terang, tidak panas, memberikan hasil warna benda yang natural, dan juga lebih awet. Dengan menggunakan lampu LED, maka daya listrik yang dihasilkan rendah, meskipun Anda membeli token listrik daya 1300 setiap bulannya tentu dengan penggunaan lampu LED bisa menghemat pengeluaran untuk pembelian pulsa listriknya. Dengan lampu LED, penggunaan lampu dengan kapasitas 3 watt tentu sudah cukup untuk menerangi dan memenuhi kebutuhan penearangan untuk kamar tidur Anda. Sedang untuk ruangan yang lebih besar, Anda bisa memakai lampu LED dengan daya 4 watt atau di atasnya. Hal ini tentu akan efektif sekali dalam menghemat biaya beban listrik yang Anda pakai. Misal di rumah Anda ada 10 titik lampu dengan menggunakan LED, maka listrik bisa menghemat banyak. Memang untuk lampu LED harga lebih mahal, namun hasil yang dihasilkan tentu akan efektif dalam waktu lama, sekalipun menggunakan token listrik daya 1300.