Belakangan ini, bisnis pulsa merupakan bisnis yang menjanjikan dengan modal yang cenderung lebih minim. Hal ini disebabkan karena hampir seluruh masyarakat saat ini telah melek akan perkembangan teknologi, salah satunya internet. Sehingga kebutuhan masyarakat akan pulsa menjadi akan terus meningkat karena kebutuhan pulsa sudah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat masa kini. Untuk itu, dengan berbisnis pulsa menggunakan server pulsa murah akan membuat pebisnis mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Panduan Membuat Server Pulsa Murah

Saat ini banyak cara yang dilakukan untuk memulai bisnis pulsa, salah satunya yaitu dengan membuat server pulsa sendiri. Berikut ini merupakan panduan bagaimana cara membuat server pulsa murah sendiri, terutama bagi kalangan pemula bisnis pulsa ini.

1. Wawasan yang memadai

Untuk mulai membuat bisnis ini, diperlukan wawasan yang luas tentang server pulsa sehingga server pulsa dapat berlangsung dengan baik. Pengetahuan yang harus didapatkan yaitu mengenai seluk beluk produk seluler, sistem transaksi dari setiap operator yang difungsikan agar pebisnis ini mengetahui mengenai apa yang dijual, dan lain sebagainya. Selain itu, informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bisnis pulsa juga perlu dicari tahu dengan bertanya kepada relasi bisnis, dealer pulsa sehingga dapat mengetahui perkembangan pasaran mengenai pulsa saat ini.

2. Persiapan fisik, mental dan finansial

Persiapan masalah fisik, mental dan modal juga diperlukan dalam menjalankan bisnis semacam ini. Dengan adanya persiapan mengenai hal tersebut, ketika terjadi suatu masalah ataupun hambatan terhadap bisnis yang sedang dijalankan, bukannya bingung justru akan menemukan solusi yang terbaik dari usaha tersebut. Semisal dalam hal ini adanya perangkat yang rusak, maka solusi yang diperlukan adalah perbaikan perangkat tersebut. Hal ini mencontohkan bagaimana fisik, mental, dan finansial harus dipersiapkan secara matang karena untuk memulai suatu bisnis pasti terdapat resiko di dalamnya.

3. Konsentrasi dan fulltime

Bisnis server pulsa murah harus dilakukan dengan konsentrasi yang sungguh-sungguh untuk melihat perkembangan bisnis yang dijalankan. Selain itu, dengan menjalankan bisnis secara fulltime akan membuat bisnis tersebut semakin cepat berkembang karena pengelolaan bisnis dapat dimaksimalkan. Sehingga akan memperkecil kemungkinan bisnis untuk bertahan lama dan tidak gulung tikar.

4. Pakai stok sendiri

Terdapat dua macam tipe stok produk pulsa dalam kalangan bisnis server pulsa, yaitu stok mandiri dan host to host (h2h). Stok mandiri dimaksudkan untuk tipe stok pulsa yang dilakukan dengan menggunakan chips sendiri. Stok mandiri biasanya digunakan untuk stok pulsa dari provider Telkomsel, Indosat dan XL. Untuk tipe host to host (h2h), stok diambil dari server lain untuk memenuhi kebutuhan stok selain provider tersebut.

5. Koneksi untuk memastikan prestasi dan reputasi

Koneksi yang lambat akan memperoleh reputasi yang jelek di mata konsumen. Untuk menanggulangi hal tersebut, apabila menggunakan stok host to host akan lebih baik jika memilih server pulsa murah yang dapat melakukan transaksi dengan cepat. Dengan demikian, koneksi berbanding lurus dengan prestasi dan reputasi yang diberikan oleh konsumen.