Sebelum Anda membuka usaha sebagai penyedia server pulsa, memahami cara kerja server sangat penting untuk dilakukan sebelumnya. Dengan begitu Anda tahu apa yang dilakukan dalam bisnis sebagai pemilik server ini.  

Apa yang Dimaksud Bisnis Server Pulsa?

Meski bekerja untuk mengisi pulsa ke nomor – nomor pelanggan, sebuah server bukanlah mesin yang memproduksi pulsa. Perangkat ini hanya bekerja sebagai penyalur transaksi dari agen atau konter ke operator seperti Telkomsel, XL, Indosat, Three, Smartfren, token listrik PLN, dsb.

Membuat Server PulsaAgen pulsa bisa mengirim pesan untuk transaksi pula melalui YM (Yahoo Messenger) atau sms. Setelah server pulsa menerima pesan tersebut, perangkat ini akan meneruskan ke operator agar melakukan pengisian pulsa. Untuk bisa melakukan pengisian pulsa tersebut, tentunya server harus memiliki stok pulsa dari masing – masing operator. Transaksi akan gagal saat stok pulsa tidak tersedia. Dengan system yang ada di dalam server, proses transaksi pengisian pulsa berjalan secara otomatis.

Tugas Penyedia/ Operator Server Pulsa

Sebagai penyedia server atau operator perangkat ini, Anda tidak hanya harus memastikan bahwa setiap transaksi berjalan dengan lancar, tapi juga memastikan bahwa Anda telah mengisi stok pulsa, mengisikan stok pulsa sebagai deposit agen, atau menanyakan ketersediaan stok pulsa pada agen. Sehingga agen pulsa bisa melakukan transaksi pengisian pulsa selanjutnya.

Bagaimana Mendapatkan Keuntungan dari Bisnis Ini

Setiap bisnis pasti dijalankan untuk mendapatkan keuntungan, termasuk sebagai penyedia server pengisian pulsa.

  • Mendapat keuntungan dari deposit pulsa yang dilakukan para agen atau konter pulsa. Sebenarnya Anda tidak perlu memiliki stok pulsa sebagai server yang banyak karena jumlah pulsa yang diberikan sebagai deposit agen hanyalah dalam bentuk nominal. Apabila agen ingin deposit lebih banyak dari stok pulsa yang Anda miliki, Anda hanya perlu menggunakan uang yang agen setorkan untuk menambah stok pulsa server Anda. Dengan begitu, agen bisa terus mengisi pulsa para pelanggan dengan deposit yang mereka miliki. Jadi, pastikan bahwa stok pulsa yang dimiliki server Anda selalu terisi.
  • Keuntungan yang Anda dapatkan adalah dari selisih harga pulsa yang didapat dari operator dengan yang dijual ke agen. Contoh, apabila Anda membeli stok pulsa Telkomsel 5000 seharga 4900 dan kemudian menjualnya seharga 5200 kepada agen. Maka keuntungan yang didapat adalah 300 rupiah untuk satu kali transaksi. Jika ada 500 kali transaksi yang terjadi dari semua agen, maka keuntungan total yang diperoleh adalah: 500 x 300 = Rp. 150.000,-.

Agar bisnis server pulsa ini lancar, Anda tidak perlu mengambil keuntungan besar dari setiap transaksi. Cukup terima keuntungan yang kecil tapi bisa menerima lebih banyak transaksi sehingga bisnis bisa berjalan lancar karena pelanggan merasa puas dengan harga yang tidak terlalu mahal.