Berbisnis pulsa merupakan jenis bisnis yang tidak membutuhkan modal yang banyak seperti kebanyakan bisnis lainnya. Pembuatan software pulsa elektrik untuk digunakan sebagai media bisnis pulsa sendiri dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Hanya dengan bermodalkan kemampuan mengoperasikan komputer untuk membuat perangkat software pulsa sendiri, bisnis pulsa elektrik ini dapat dijalankan.

Tips Bisnis Pulsa dengan Software Pulsa Elektrik

Untuk memulai bisnis pulsa dengan menggunakan software bukanlah suatu hal yang sulit. Hal ini dikarenakan keperluan yang perlu disiapkan juga tidak terlalu banyak. Berikut ini merupakan panduan untuk mulai membangun bisnis software pulsa elektrik.

1. Menyiapkan modal

Modal yang perluk disiapkan untuk memulai bisnis software pulsa elektrik meliputi perlengkapan yang menunjang terjadinya bisnis tersebut. Hal yang dibutuhkan antara lain perangkat komputer atau laptop dengan RAM minimal 1 GB dan OS Window XP, modem atau jaringan internet lainnya, kabel USB, UPS sebagai sumber listrik cadangan, dan software server pulsa. Secara garis besar, modal yang diperlukan untuk memenuhi perlengkapan tersebut adalah kisaran 3 juta dengan catatan perangkat komputer atau laptop sudah dimiliki.
Secara lebih rinci, modal yang diperlukan tersebut terdiri dari keperluan untuk biaya langganan internet sebesar Rp 100.000 hingga Rp 150.000. Lalu biaya untuk membeli software asli untuk server pulsa elektrik sekitaran Rp 1-1,5 juta. Selanjutnya biaya untuk pembelian modem SMS dan modem biasa kisaran Rp 800.000. Dengan demikian, jumlah kisaran modal yang diperlukan yaitu sekitar Rp 3 juta untuk memulai bisnis ini.

2. Menyediakan stok

Hal selanjutnya yang perlu disiapkan adalah menyediakan stok pulsa ataupun stok saldo. Hal ini diperlukan untuk menanggulangi pihak agen yang sewaktu-waktu ingin mengisi ulang saldo pulsa. Stok dapat diperoleh menggunakan tipe gabungan dengan host to host (h2h) dan chip dengan pertimbangan estimasi biaya yang lebih murah daripada menggunakan tipe 100% chip. Hal lain yang didapatkan dengan menggunakan tipe gabungan yaitu tidak perlunya menyediakan chip CDMA yang mempunyai kemungkinan kurang laku di pasaran. Hal tersebut dapat terjadi dengan diakali menggunakan h2h.

Selain itu, untuk mendapatkan stok dapat diperoleh dengan membeli pada gerai resmi masing-masing provider. Gerai resmi dari masing-masing provider tentunya menawarkan harga yang paling murah daripada dengan mendapatkan stok dari server pulsa lainnya. Gerai resmi masing-masing provider itu misalkan M-Kios untuk Telkomsel, VTRI untuk Three, Dompet Pulsa untuk XL, M-Tronik untuk Indosat, dan sebagainya.

3. Mencari agen pulsa

Memulai bisnis sebagai server pulsa elektrik, tentunya memerlukan agen-agen pulsa yang dapat mendistribusikan pulsa-pulsa ke konsumen tingkat akhir. Untuk pebisnis software pulsa elektrik biasanya juga dapat menjadi agen dari server pulsa mereka sendiri. Semakin banyak agen pulsa yang bergabung dalam server, keuntungan yang didapatkan akan berbanding lurus yaitu juga akan semakin banyak.