Bisnis Pulsa GagalTahukah Anda bahwa yang namanya bisnis harusnya selalu berhasil dan berjalan kearah yang lebih baik? Jika sampai sebuah bisnis gagal maka ada hal yang menjadi penyebabnya. Bisnis pulsa seharusnya pasti berhasil karena saat ini hampir semua orang memiliki ponsel dan mereka pasti membutuhkan pulsa. Besar kecilnya kebutuhan pulsa untuk setiap pengguna ponsel jelas berbeda. Dan itu menjadi kesempatan bagi Anda untuk bisa lebih sukses lagi. Untuk pemula, Anda harus mengetahui apa sajakah yang sangat berpotensi menjadi penyebab kegagalan Anda dalam bisnis ini. Jangan sampai Anda kemudian melakukan hal tersebut karena itu artinya semua jerih payah dan usaha Anda hanya akan sia-sia.

Penyebab Bisnis Pulsa Gagal

Penyebab kegagalan pulsa sangatlah klasik dan sederhana. Namun jika dibiarkan secara terus menerus maka tentu saja akan menjadi sebuah hal yang merugikan diri Anda sendiri. Berikut hal-hal yang seharusnya Anda hindari agar tidak terjebak di jalan yang salah:

  • Memberikan Kesempatan kepada Konsumen untuk Berhutang

Tahukah Anda jika ada banyak sekali type konsumen yang seperti ini? Mereka menganggap bahwa nominal yang kecil seperti Rp 5.000 adalah sangat sepele untuk pedagang pulsa. Padahal sekecil apapun nilai pulsa tersebut itu akan sangat berimbas pada perputaran uang dan modal Anda. Jangan sekali-kali Anda memberikan kesempatan kepada orang lain siapapun itu untuk berhutang pulsa. Sekali Anda membiarkan mereka berhutang maka akan ada kesempatan kedua dan selanjutnya yang mereka lakukan.

  • Menentukan Profit yang Terlalu Tinggi

Hal ini adalah sebuah kesalahan karena mereka yang mengambil keuntungan dalam jumlah yang sangat besar berarti merugikan bisnis pulsa yang mereka bangun. Hampir setiap konsumen tahu betul akan harga pasaran pulsa untuk setiap nominal. Karena itu jangan merusak harga pasar hanya karena ingin balik modal dalam waktu cepat yang malah membuat Anda tidak kunjung mendapatkan konsumen. Buatlah harga jual yang wajar sesuai dengan yang seharusnya karena dengan begitu maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Lebih baik menjual pulsa dalam banyak transaksi dari pada mengambil untung besar namun transaksi yang ada hanya sedikit sekali.

  • Mencampurkan Uang Bisnis & Uang Pribadi

Ini juga merupakan salah satu pembunuh bisnis pulsa yang sangat besar dan cukup sering terjadi di Indonesia. Jangan pernah menggunakan uang bisnis untuk kebutuhan pribadi. Jika sampai hal ini terjadi maka bisnis yang Anda bangun tidak akan bertahan dalam waktu yang lama. Selalu buat pembukuan mengenai laporan keuangan di bisnis pulsa Anda dan pisahkan setiap uang yang ada. Mendisiplinkan diri sendiri memang sangat sulit namun lama-lama Anda akan terbiasa dengan pola yang baik tersebut.