Apa Itu DownlinePara pebisnis jual beli pulsa, istilah downline adalah istilah yang tidak asing lagi bagi mereka, khususnya mereka yang sudah menjalankan bisnis ini cukup lama. Namun bagi pemula yang baru saja terjun ke dunia bisnis jual beli  pulsa, mungkin belum sepenuhnya tahu apa itu downline. Perlu Anda ketahui bahwa didalam penjualan jual beli pulsa, ada beberapa tingkatan. Dalam bisnis pulsa, downline biasa dikenal dengan nama referral. Walaupun demikian, sistem yang digunakan ini bukan seperti MLM yang biasanya Anda takutkan. Nah, bagi Anda yang masih bingung mengenai downline, simak terus ulasan artikel ini sampai selesai.

Apa itu Downline Pada Bisnis Pulsa

Lalu apa itu downline? Nah, dalam bahasa Inggris, apabila kita mengamati downline dibagi menjadi dua suku kata. Yakni, down dengan arti bawah serta line dengan arti garis. Apabila disimpulkan dengan menggunakan istilah downline yang ada pada bahasa Inggris ini. Kita bisa mengartikan bahwa istilah downline adalah jaringan bawah atau garis di bawah. Penjelasan dari bahasa Inggris ini adalah penjelasan paling dasar mengenai downline yang sering disebut-sebut sebagai salah satu metode paling ampuh dalam pemasaran isi pulsa yang Anda jalankan.

Apa itu downline dalam istilah bisnis pulsa merupakan seseorang yang berhasil direkrut akan menjadi bawahan Anda dalam penjualan pulsa untuk menghabiskan stok pulsa yang Anda miliki. Orang yang direkrut tersebut nantinya memiliki tujuan yang sama untuk menjadi mitra dari sebuah server pulsa yang kita jalankan untuk jual beli pulsa. Sering kali, para agen pulsa mencari daftar server pulsa murah yang bertujuan agar bisa merekrut downline dalam jumlah yang banyak dengan penawaran harga yang juga murah. Biasanya, langkah ini dilakukan agar agen tersebut bisa meraup keuntungan besar dari proses merekrut downline. Karena memiliki harga yang sangat terjangkau tersebut. Mengenai keuntungannya sendiri, agen atau master yang menjalankan metode ini biasanya akan dapat komisi atau bonus dari penjualan pulsa yang dilakukan oleh para downline.

Mengenai besarnya, komisi yang ia dapatkan tentunya sangat menyesuaikan nilai markup pada master agen yang dilakukan pada downline yang ada. Biasanya batasan minimal yang ada pada markup ini antara Rp 50 hingga Rp 500. Sangat disarankan, apabila Anda menjalankan metode dengan menggunakan downline, seharusnya jangan terlalu memasang markup secara berlebihan. Hal tersebut karena akan berimbas pada sulitnya diri Anda untuk mendapatkan downline. Walaupun demikian, menjalankan downline bukan menjadi keharusan yang harus Anda jalankan. Karena pada dasarnya, dengan menjalankan metode downline ini hanya sebatas pada nilai plus agar Anda bisa memaksimalkan peluang bisnis pulsa yang Anda jalankan. Salah satu tujuan menerapkan downline ini adalah agar bisa dapat keuntungan berlimpah dalam jumlah besar.