Siapa yang tidak suka dengan hal yang berbau murah bahkan gratis? Apalagi jika yang gratisan adalah paket data, pasti menjadi buruan banyak orang. Mengapa demikian? Saat ini penggunaan internet dari ponsel memang semakin meningkat. Maka dari itu, untuk mendapatkan kuota internet pun juga semakin beragam caranya, mulai dari beli pulsa reguler dan aktivasi paket secara maunal, beli voucher fisik paket data, beli perdana internet dan inject kuota internet.

Seperti yang diketahui, cara-cara di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Membeli pulsa untuk beli paket data biasanya lebih mahal atau kuota sedikit, membeli perdana internet baru terbentur sering gonta-ganti nomor dan registrasi, lalu apa itu inject kuota?

Kata inject dalam bahasa Inggris artinya suntik, sementara inject kuota internet artinya menyuntikkan kuota internet ke nomor pelanggan agar dapat terus digunakan berinternet ria selama nomor tersebut masih dalam masa aktif dan dapat mengakses jaringan internet. Dengan harga yang lebih murah dibanding aktifasi paket secara manual, inject paket data ini juga tidak memerlukan pengguna untuk registrasi ulang, karena nomor yang digunakan masih nomor sebelumnya.

Seperti yang dijelaskan diatas, beberapa keuntungan yang paling jelas yaitu harga kuota lebih murah dibanding melakukan pembelian atau aktifasi sendiri. Meskipun ada paketan resmi dengan harga yang sama, biasanya jumlah kuota yang didapat masih jauh lebih banyak kuota inject. Tak hanya itu saja, biasanya provider memiliki promo internet yang tidak dapat dibeli manual oleh pengguna. Promo tersebut hanya bisa dilakukan oleh agen yang memiliki sistem inject tersebut. Tentunya promo akan lebih menguntungkan pengguna dibanding paket internet reguler.

Selain soal harga dan kuota di atas, pelanggan yang biasanya hobi beli buang perdana internet juga bisa lebih ramah pada slot SIM card ponsel karena sistem inject tidak memerlukan perdana baru. Otomatis dengan tidak membeli nomor baru, pelanggan juga tidak perlu menyiapkan KTP dan KK untuk meregistrasikan nomor tersebut. Namun yang perlu diketahui oleh pelanggan adalah sistem inject yang murah ini umumnya tidak akan menambah masa aktif nomor mereka.

Sistem inject paket kuota ini ternyata ada yang dilakukan secara resmi dan ada pula yang ilegal. Ada agen yang dapat melakukan inject kuota uni secara resmi karena mereka memang memiliki kerjasama secara resmi dengan pihak provider melalui gerai provider yang ada di kota yang bersangkutan. Namun ternyata ada pula yang melakukan secara ilegal alias memanfaatkan celah untuk dapat membobol sistem server provider. Melakukan sistem ini, maka nomor pelanggan pun terancam berhutang hingga terblokir aksesnya.

Dengan semakin banyaknya cara pengisian paket data yang tersedia, hal ini seharusnya menguntungkan pengguna untuk memilih layanan sesuai dengan kebutuhan mereka. Dan inilah yang seharusnya dimana yang diuntungkan adalah konsumen.