Mungkin banyak diantara Anda yang penasaran, selain halnya alat-alat yang mudah terlihat seperti HP dan komputer, apa lagi peralatan yang digunakan dalam suatu bisnis pulsa. Dalam hal ini, server pulsa merupakan suatu sistem yang menggabungkan produk-produk pulsa dari tiap operator di Indonesia (Indosat, Telkomsel, XL dan Three) dalam suatu software agar agen dapat menjual pulsa-pulsa tersebut dari 1 chip saja. Dengan adanya server ini, seorang agen tak perlu menyiapkan banyak HP untuk tiap chip operator tertentu.

Menjadikan sistem transaksi semakin praktis, server pulsa menyediakan solusi mudah bagi konter yang tidak ingin menyiapkan banyak HP untuk transaksi pulsa kepada pelanggan mereka. Namun apa saja peralatan yang diperlukan pada server tesebut? Umumnya alat server pulsa yang bisa dengan mudah Anda kenali adalah set komputer beserta software pulsanya, modem internet dan modem pulsa. Lalu apa itu modem pulsa? Apa fungsinya?

Modem yang ada di suatu server pulsa ini berguna untuk menerima pesan dari agen sekaligus membalas pesan tersebut. Alat inilah yang membalas pesan transaksi agen secara otomatis, jadi pesan transaksi tersebut tidak diketik manual oleh si pengusaha pulsanya. Modem ini sendiri ada bermacam-macam, antara lain:

1. Modem Single

Sesuai dengan namanya, modem ini terdiri atas 1 slot chip yang dapat difungsikan sebagai SMS Gateway (center dan sender) atau sebagai chip server. Jika usaha Anda masih belum terlalu besar dengan jumlah transaksi yang masih terbatas, maka modem ini sangat direkomendasikan.

2. Modempool 8 Port USB

Setingkat lebih canggih, modem ini memiliki 8 slot kartu yang artinya dapat menampung 8 keping chip sekaligus dan hanya memerlukan 1 slot USB di komputer Anda. Umumnya, modem ini sudah dilengkapi dengan power supply sendiri tanpa memerlukan daya dari PC. Selain itu dengan adanya PSU sendiri, maka performa modem menjadi lebih stabil.

3. Modempool 16 Port USB

Tentunya setelah membaca versi 8 port, Anda sudah bisa menebak untuk 16 port ini bukan? Ya, modem ini sanggup memuat 16 kartu sekaligus sehingga sanggup mengakomodir jumlah transaksi yang sangat intens sekalipun dengan kecepatan yang lebih tinggi pula hanya sekitar 2 detik. Modempool ini selain memiliki PSU built-ini, juga dilengkapi dengan antena eksternal untuk kemampuan sinyal yang lebiih baik.

4. Modempool 32 Port USB

Masih sama dengan tipe di atas dengan kemampuan yang lebih baik lagi, modempool ini dilengkapi PCI (serial) beserta kabelnya dan tidak membutuhkan PCI to Serial untuk digunakan secara paralel dengan modem lain. Modem ini lebih simple jika dibandingkan Anda merakit banyak modem.

Demikianlah beberapa perangkat serta beberapa penjelasan sekilas tentang tipe-tipe modem yang digunakan sebagai SMS Gateway maupun server pulsa. Untuk perangkat seperti komputer PC ataupun modem internet, tentunya sudah tidak perlu lagi dijelaskan sebab pastinya Anda sudah memahami benar alat-alat tersebut.