Kebanyakan dari kita pasti sudah sangat familiar dengan paket data, atau paket internet. Setiap orang yang memiliki smartphone pasti membutuhkan jaringan internet dengan membeli paket internet tersebut di konter. Karena tanpa adanya internet, smartphone akan tak berguna karena hanya bisa digunakan untuk sms dan telephone saja. Ada beberapa cara bagi kita untuk bisa mendapatkan internet, yakni dengan membeli kartu perdana baru atau bisa dengan melakukan isi ulang ke nomor kita, kemudian kita membeli paket internet yang sudah disediakan oleh provider seluler secara langsung. Akan tetapi, sampai saat ini memang paket internet di Indonesia masih terbilang mahal, terlebih untuk jaringan yang belum full 4G. Sebenarnya apa sih penyebab paket internet ini dijual dengan harga mahal? Simak artikel dibawah ini karena saya akan membahas sedikit membahas apa penyebab paket internet dijual dengan harga mahal.

1. Apa yang dijual sesuai harga

Klaim dari masin-masing provider seluler, mereka telah mematok harga sesuai baran yang dijual. Karena paket data faktanya meman sering hadir dengan beberapa bonus atau ada keuntungan tambahan lainnya. Contohnya diberikan gratis streaming youtube, gratis roamin internasional, telephone bahkan sms. Jika banyak keuntungan yang diberikan, maka harganya pun akan semakin mahal.

2. Popularitas perusahaan menentukanharga

Harga paket data yang dijual di konter-konter pada umumnya juga tergantung pada peringkat rating dan popularitas dari si pengusaha provider. Sebut saja Telkomsel yang notabene sebaga salah satu perusahaan provider terpopuler, dimana paket internet yang dijual oleh Telkomsel lebih mahal daripada perusahaan provider lainnya. Kecepatan internetnya pun juga tak sama, bahkan hingga jangkauan wilayahnya.

3. Menara telephone seluler

Seperti yang diketahui, bahwa tower telpone seluler memiliki fungsi yakni sebagai penyalur gelombang radio antenna yang terhubung di setiap tower. Semakin tinggi si tower, maka kekuatan jaringannya pun bakal semakin bagus dan tentunya ini juga akan mempengaruhi biaya dan berdampak pada harga paket data yang dijual oleh perusahaan tersebut. Sekedar informasi, bahwa di Amerika, biaya pemakaian tower sebesar USD 258 juta/tahun atau sekitar 3 triliun rupiah. Oleh karenanya, jangan mengeluh kalua harga paket internet terbilang mahal sebab perusahaan juga telah membayar mahal untuk menyewa tower mereka tersebut.

4. Biaya lain lain

Selain faktor diatas, tentunya ada biaya lain-lain yang memaksa perusahaan untuk menjual paket data ke masyarakat dengan harga mahal. Biaya lain-lain tersebut meliputi biaya untuk perawatan telephone seluler. Agar bisa membuat kinerjanya tetap optimal, perusahaan harus rajin mengecek kekuatan jaringan secara berkala. Proses pekerjaannya pun juga membutuhkan biiaya yang tak murah. Itu pun belum termasuk biaya tenaga kerja, kerusakan, serta kendala lainnya. Jadi, wajar jika paket data dijual cukup mahal dipasaran.

Jadi, diatas tadi adalah beberapa factor yang membuat paket data dijual dengan harga yang tak murah. Jika kalian ingin lebih hemat dalam pembelian paket internet, usahakan menggunakan internet secukupnya dan seperlunya saja agar pengeluaran untuk pembelian paket internet tidak terlalu membngkak ya guys.