http://www.roketpulsa.id/news/kriteria-dealer-stok-pulsa-terbaik/Semakin bertambahnya pengguna gadget semakin banyak pula yang memanfaatkan peluang ini sebagai bisnis berjualan pulsa. Pendaftaran dan menjalankan bisnis ini mudah dan murah, oleh sebab itu dijadikan alternatif banyak orang sebagai usaha mendapatkan pendapatan sampingan. Bisnis ini dimulai dari pendaftaran menjadi agen, melakukan stok pulsa, menjualnya kembali, dan merekrut orang-orang.

Namun, dengan tingginya kebutuhan pulsa ini, tidak jarang dari beberapa agen pulsa melakukan kecurangan dalam bisnisnya. Mereka biasanya berkedok menawarkan pendaftaran serta software pulsa dengan biaya di bawah pasaran, benefit yang tidak wajar, dan harga stok pulsa yang menggiurkan. Meskipun tidak semua penjual melakukan ini, tetapi alangkah baiknya jika kita tetap waspada.

Langkah Melaporkan Penipu Berkedok Bisnis Pulsa
Tidak ada yang tahu kapan malapetaka datang. Termasuk kejadian penipuan oleh agen pulsa yang tidak bertanggung jawab. Biasanya agen tersebut akan meminta uang dari Anda mulai dari biaya pendaftaran, kemudian biaya software yang nominalnya cukup mahal. Padahal para penipu ini memberikan software palsu/ hanya trial. Setelah itu, Anda akan diminta stok pulsa jumlah besar, kemudian mereka akan lari tanpa tanggung jawab.

Jangan ragu untuk melaporkan penipuan ini agar tidak terjadi ke diri Anda untuk kedua kalinya dan tidak ada korban baru. Tahap pelaporan bisa dilakukan dengan:

  1. Cetak semua bukti transaksi yang Anda lakukan dengan penipu (mulai dari daftar, mendapat software, dan stok pulsa).
  2. Cetak juga identitas dari pelaku, mulai dari bukti chatting, formulir order, nomor telepon, dan lainnya.
  3. Datang ke kantor polisi dan buat laporan. Anda akan dimintai keterangan selanjutnya.
  4. Datang ke bank utama untuk langkah selanjutnya.
  5. Lampirkan ke bank tersebut mengenai keterangan resmi polisi bahwa Anda mengalami penipuan.
  6. Bank akan membantu proses pemblokiran dari ATM pelaku penipuan.
  7. Pelaku akan melaporkan jika ATM terblokir, dan pelaku berhasil ditangkap.

Sangat penting untuk melakukan survey dan penggalian informasi terlebih dahulu sebelum mendaftar dalam bisnis pulsa. Carilah harga standar yang memang berlaku di pasaran. Setelah itu, barulah mencari perusahaan agen pulsa terpercaya. Setiap agen tentu memiliki kebijakan yang berbeda-beda, tetapi umumnya agen terpercaya tidak akan menjual bisnisnya dalam harga melebihi batas wajar.

Tetapi pada umumnya agen menyediakan fasilitas transaksi aman, lengkap, customer service yang fast response, deposit yang dilakukan minimal Rp 50.000, memiliki alamat yang jelas, transaksi bisa dilakuka secara online maupun offline, mendukung penuh atas transaksi prabayar dan pascabayar, serta stok pulsa lengkap (stok chip dan Host to Host). Biasanya untuk pendaftaran pihak agen atau distributor pulsa tidak memungut biaya, kecuali untuk penambahan software PPOB.